Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Habis Lebaran Duit Kering? Harus Tahu Tips Punya Finansial Sehat Berikut

Habis Lebaran Duit Kering? Harus Tahu Tips Punya Finansial Sehat Berikut Kredit Foto: Freepik/Jonan111
Warta Ekonomi, Jakarta -

Momen mudik Lebaran untuk merayakan Hari Raya Idulfitri telah usai, dan aktivitas sehari-hari sudah berjalan normal. Berbagai pengeluaran selama Lebaran kerap tidak dilakukan dengan perencanaan yang matang sehingga sering menguras kantong. Bahkan, Tunjangan Hari Raya (THR) yang seharusnya bisa disisihkan untuk kebutuhan setelah Lebaran, biasanya habis tak bersisa.

Melansir dari siaran resminya, Kamis (19/5/2022) portal pembanding asuransi terdepan Cekpremi.com menekankan pentingnya melakukan evaluasi dan pencatatan uang yang dikeluarkan selama momen Lebaran. Dari evaluasi ini, akan diketahui apakah pengelolaan keuangan dilakukan secara baik, atau kondisinya buruk sehingga perlu diperbaiki.

Baca Juga: Mohon Disimak! Begini Tips Wujudkan Keamanan Siber Guna Berdigital Aman dan Nyaman

Associate Vice President Cekpremi.com Ziko Goi mengatakan fenomena yang sering kali terjadi di kalangan masyarakat seusai Lebaran yakni kondisi finansial seketika menjadi berantakan. Tidak jarang orang kehabisan uang setelah Lebaran.

"Beberapa kesalahan yang banyak terjadi pada momentum Idul Fitri adalah tidak adanya perencanaan keuangan sejak awal, tidak bisa memetakan skala prioritas, serta tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Harus ada alokasi dana untuk perlindungan di masa depan, seperti tabungan dan dana darurat,” ungkap Ziko.

Baca Juga: Ingin Beli Properti tapi Budget Terbatas? Simak Tips Berikut Ini!

Ziko memberikan sejumlah tips bagi masyarakat agar kondisi finansial tetap fit pasca Lebaran, setelah melakukan evaluasi:

1. Membuat Pos Pengeluaran Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui seluruh pengeluaran yang digunakan untuk momen Lebaran, cek semua dana yang dimiliki, untuk mengetahui berapa uang yang tersisa. Jika sempat berutang atau menggunakan kartu kredit untuk keperluan Lebaran, segera lunasi tagihan tersebut agar tidak menjadi beban di bulan berikutnya.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan