Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Seru! Jangan Lewatkan 6 Destinasi Menarik Ini saat Berlibur di Medan

Seru! Jangan Lewatkan 6 Destinasi Menarik Ini saat Berlibur di Medan Kredit Foto: Shutterstock
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu kota besar di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi adalah Kota Medan. Ibu Kota provinsi Sumatera Utara ini bisa dijangkau dengan sarana transportasi darat, udara, dan laut. Namun, jika ingin menikmati perjalanan, Anda disarankan menggunakan bus. Sebagai langkah pertama, cek harga tiket bus murah terlebih dahulu.

Setelah itu, tentukan tempat apa saja yang akan didatangi saat berlibur di Medan. Sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun itinerary, simak beberapa destinasi wisata menarik berikut ini.

1. Istana Maimun

Bangunan bersejarah yang menjadi ikon Kota Medan adalah Istana Maimun. Istana Kesultanan Deli ini terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Aur, Medan Maimun. Selesai dibangun pada 1 Mei 1891, istana seluas 2.772 m2 dan memiliki sebanyak 30 ruangan ini telah menjadi tempat tujuan wisata. 

Selain karena sejarahnya, bangunan ini atraktif dari segi arsitekturnya yang unik. Saat masuk ke dalam, para pengunjung akan disuguhi nuansa kemegahan dari masa lampau. Ciri khas Timur Tengah tampak jelas dari desain pintu dan jendela. Karena itu, jangan sampai melewatkan tempat wisata bersejarah yang satu ini.

2. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Objek wisata lain yang berada di Kota Medan, tepatnya di Kelurahan Petisah Hulu, Medan Baru, adalah Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Keberadaan museum ini diilhami oleh Dr. H. Rahmatsyah yang memiliki perhatian khusus dalam pencegahan kepunahan hewan langka. 

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery diresmikan pada 14 Mei 1999. Di dalamnya, Anda dapat melihat koleksi aneka binatang yang diawetkan. Satwa tersebut merupakan hasil berburu yang dilegalkan yang kemudian disumbangkan ke galeri. Untuk pengalaman menarik, Anda bisa menikmati perjalanan Safari Night.

3. Avros Park

Jika Anda ingin menikmati suasana yang sejuk di tengah kota, Avros Park adalah tempat wisata yang dapat memenuhi ekspektasi itu. Avros Park terletak di Jalan Avros, Kampung Baru, Medan Maimun. Awalnya dikenal dengan nama Taman Edukasi Avros, kini menjadi Avros Park (Education & Fun).

Objek wisata ini menawarkan berbagai wahana edukasi. Beberapa di antaranya adalah membuat kerajinan tangan, menanam pohon, serta menyebar bibit ikan. Selain itu, para pengunjung juga dapat menyusuri Sungai Deli dengan boat. Taman seluas dua hektar ini juga menyediakan penginapan berkonsep camping.

4. Tjong Yong Hian Gallery

Saat berlibur di Kota Medan, Anda juga berkunjung ke sebuah galeri, yaitu Tjong Yong Hian Gallery. Dari luar, bangunan galeri terlihat biasa saja. Namun, saat berada di dalamnya Anda bisa melihat keunikan arsitektur bernuansa khas Tiongkok serta taman bunga yang indah.

Di Tjong Yong Hian Gallery, Anda dapat berwisata sambil mempelajari sejarah kebudayaan dari masa lalu. Selain itu, karena suasana yang tenang, berkunjung ke galeri ini dijamin membuat rileks. Anda pun dapat berburu foto yang memukau di latar yang unik.

5. Polonia Sky Park

Polonia Sky Park merupakan salah satu tempat nongkrong baru yang ada di Kota Medan. Lokasi objek wisata ini di Jl. Imam Bonjol, Suka Damai, Medan Polonia. Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan adalah aneka jenis kuliner yang lezat, mulai dari makanan nusantara hingga menu khas Jepang.

Polonia Sky Park cocok bagi Anda yang ingin bersantai bersama keluarga atau pasangan. Sembari menikmati suasana kota yang meriah, Anda juga bisa berwisata kuliner. Ada pula sejumlah spot foto instagramable yang bisa dimanfaatkan untuk foto bareng merekam momen kebersamaan.

6. Taman Buaya Asam Kumbang

Destinasi wisata yang satu yang berlokasi di Jl. Bunga Raya, Asam Kumbang, Medan Selayang ini telah ada sejak 1959. Sesuai namanya, Taman Buaya Asam Kumbang merupakan tempat penangkaran ribuan ekor buaya. Sebagian besar berjenis buaya muara. Anda bisa melihat buaya berjemur di dalam bak-bak semen yang berjumlah 78 buah.

Taman Buaya Asam Kumbang awalnya dibangun oleh Lo Kie Yoe atau Lo Than Muk. Pria yang hobi memelihara buaya ini merupakan Perintis Lingkungan Terbaik Tingkat Sumatera Utara pada 1984. Sejak saat itu, peternakan buaya miliknya juga diresmikan sebagai salah satu objek wisata di Kota Medan.

Nah, inilah beberapa tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Kota Medan. Menawarkan objek wisata sejarah, wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata ekstrem, Kota Medan tidak akan membosankan. Karena itu, segera susun itinerary perjalanan yang detail sehingga Anda bisa menikmati keseruan di Kota Medan.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel:

Video Pilihan