Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Soal Pelayanan Patra Niaga Terkait BBM Saat Ramadhan dan Lebaran, Begini Statemen APEI dan Pengamat

Soal Pelayanan Patra Niaga Terkait BBM Saat Ramadhan dan Lebaran, Begini Statemen APEI dan Pengamat Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hajatan besar masyarakat Indonesia tahun ini yaitu kegiatan mudik dan arus balik Lebaran 2022 telah selesai dilakukan. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, termasuk ketersediaan pasokan BBM di seluruh wilayah Indonesia yang dilakukan oleh Sub Holding Commercial and Trading (C&T) dalam hal ini PT Pertamina Patra Niaga (PPN).

Keberhasilan dalam memberikan pelayanan yang excellence ini tidak terlepas dari kesiapan yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga (PPN) dalam menghadapi hajatan besar yang sempat tertunda selama 2 (dua) tahun terakhir akibat pandemic COVID-19 yang melanda Indonesia. Inovasi yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti SPBU Modular dan penggunaan motor untuk mengantarkan BBM ke konsumen sangat membantu para pengguna kendaraan bermotor di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Giliran Said Didu Puji Kebijakan Jokowi Izinkan Kembali Ekspor Minyak Goreng

Keberhasilan ini juga tidak terlepas Kerja sama yang baik antara PT Pertamina Patra Niaga dengan aparat seperti Kepolisian Republik Indonesia maupun Kementerian Perhubungan. Komunikasi yang intensif juga dilakukan oleh Pertamina Region di seluruh wilayah Indonesia dengan aparatur PEMDA setempat. Sinergisitas yang dilakukan menghasilkan kepuasan masyarakat akan pelayanan sepenuh hati dari PT Pertamina Patra Niaga dalam menyediakan BBM.

Terkait dengan pelayanan yang maksimal yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga tersebut mendapatkan apresiasi dari banyak pihak.

Koordinator Asosiasi Pengamat Energi Indonesia (APEI), Sofyano Zakaria juga menilai apa yang dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga sudah sangat bagus , bahkan luar biasa dan layak untuk mendapatkan apresiasi atas usaha serta kerja keras yang dilakukan.

“Saya mewakili rekan-rekan pengamat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya menyampaikan terima kasih atas upaya Pertamina Patra Niaga, dalam menjaga pasokan BBM kepada seluruh masyarakat Indonesia selama kegiatan arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Hal ini membuktikan ketulusan Pertamina dalam melayani masyarakat. Selama Lebaran kemarin, para pegawai Pertamina baik itu Satgas maupun para petugas SPBU tidak mengambil cuti dan bekerja seperti biasa,” jelas tersebut.

Mamit Setiawan, Direktur Executive Energy Watch menyampaikan apresiasi atas keberhasilan yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga sehingga tidak menimbulkan gejolak di masyarakat. Selain itu, inovasi yang dilakukan dengan mendirikan SPBU modular di Rest Area yang belum ada SPBU permanen sangat membantu para pemudik.

“Inovasi SPBU modular ini sangat baik sekali dan saya kira bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat yang lain seperti Natal dan Tahun Baru. Saya sendiri merasakan manfaat dari inovasi ini dimana saat BBM sudah berkurang bisa mengisi BBM di Rest Area yang terdapat SPBU modular dan saya menjadi lebih tenang untuk melanjutkan perjalanan,” ujar Mamit.

Direktur Executive ReforMiner, Komaidi Notonegoro menyampaikan bahwa ditengah tekanan harga minyak yang tinggi dan kebijakan harga yang masih ditahan untuk menjaga daya beli masyarakat, keberhasilan Patraniaga dalam menjaga pasokan BBM selama mudik lebaran dan arus balik memiliki makna yang sangat penting.

Baca Juga: APEI dan YLKI Apresiasi Pelayanan BBM Pertamina Region JBB Selama Ramadan dan Lebaran

“Hal tersebut mencerminkan bahwa yang dikedepankan PT Pertamina Patra Niaga adalah ketersediaan BBM itu sendiri meskipun kondisi keuangan mereka relatif tidak baik-baik saja,”jelas Komaidi.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan