Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasilkan Strategi Peningkatan Akses Air Bersih dan Sanitasi, Indonesia Sukses Gelar SMM SWA 2022

Hasilkan Strategi Peningkatan Akses Air Bersih dan Sanitasi, Indonesia Sukses Gelar SMM SWA 2022 Kredit Foto: Martyasari Rizky
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia telah berhasil rampungkan Sector Ministers' Meeting (SMM) Sanitation and Water for All (SWA) 2022 yang digelar 18-19 Mei 2022. Sebagai negara pertama di Asia yang menjadi tuan rumah SMM SWA, Indonesia berhasil menghadirkan 69 menteri dan 300 peserta dari 37 negara dan organisasi internasional untuk membahas air dan sanitasi sebagai prioritas pembangunan di seluruh dunia.

Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, SMM SWA 2022 menghasilkan solusi strategi peningkatan akses air bersih dan sanitasi, dukungan pemangku kepentingan, dan mengundang investasi baru terhadap sektor-sektor terkait. 

Baca Juga: Kementerian PUPR: 4.219 Hunian Tetap Bagi Korban Gempa dan Tsunami Sulteng Selesai Desember 2023

Selain bertujuan membekali para pemimpin politik dengan bukti dan praktik terbaik untuk memprioritaskan investasi pada air dan sanitasi, SMM SWA 2022 juga mendorong terciptanya akuntabilitas berlandaskan kepercayaan dan komunikasi antar negara agar kolaborasi multisektor dapat menciptakan ketahanan dan inklusivitas, meski dalam kondisi krisis. 

"Akuntabilitas memerlukan dukungan data dan informasi yang valid dan terbaru untuk memastikan keakuratan prioritas penerima manfaat dan untuk memastikan agar tidak ada yang tertinggal," ujar Menteri Basuki, Kamis (19/5/2022).

Akses terhadap air bersih dan sanitasi pada akhirnya akan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDG). Terkait pembangunan berkelanjutan, SMM SWA 2022 menitikberatkan pada kolaborasi antar kementerian, baik di tingkat nasional maupun internasional, agar memandang isu air dan sanitasi sebagai hak asasi manusia. Untuk mencapai target penyediaan air bersih dan sanitasi, diperlukan dorongan politik, ide dan inovasi, koordinasi antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah, hingga sosialisasi ke masyarakat.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Josaphat Rizal Primana menekankan, target jangka panjang Indonesia yang dibahas di SMM SWA 2022 meliputi fasilitasi penguatan profil sektor air minum dan sanitasi dalam upaya memenuhi TPB/SDGs, utamanya Tujuan 6: Air Bersih dan Sanitasi Layak sebagai pintu masuk pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat pasca pandemi Covid-19

Baca Juga: Menteri Basuki Dorong Kerja Sama Pengelolaan Air Bersih & Sanitasi Pasca Pandemi di SMM-SWA 2022

Target lainnya, yakni membangun pemahaman dan komitmen para pengambil keputusan, baik dari lembaga pemerintahan maupun mitra pembangunan, untuk memperkuat sektor minum dan sanitasi, serta terjalinnya kemitraan berkelanjutan dalam sektor air minum, sanitasi dan higienitas.

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan