Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkeu Sampaikan Empat Langkah Extraordinary dalam Hadapi Pandemi

Menkeu Sampaikan Empat Langkah Extraordinary dalam Hadapi Pandemi Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan keterangan Pemerintah atas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) Tahun Anggaran 2023 dalam Rapat Paripurna DPR RI, Jumat (20/05). Berkat kerja sama, kedisiplinan, sinergi, dan kegotongroyongan seluruh komponen bangsa, Indonesia mampu menghadapi kondisi pandemi Covid-19 dengan terkendali.

“Tahun ini lebih dari 84 juta masyarakat dapat kembali menjalankan mudik lebaran. Mobilitas masyarakat yang begitu masif mampu kita kelola bersama secara relatif lancar, aman, selamat, dan semarak,” ujar Menkeu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/5/2022). Baca Juga: Menkeu Sampaikan Tiga Poin Penting dalam Penyusunan KEM PPKF 2023

Menkeu menjelaskan terdapat empat langkah extraordinary dari kebijakan ekonomi makro dan fiskal yang dilakukan secara terorganisir dan sistematis di dalam menangani guncangan akibat pandemi.

“Pertama, menyelamatkan jiwa rakyat kita dari ancaman Covid-19 dengan menaikan dukungan anggaran sangat besar untuk penguatan sarana prasarana kesehatan, penanganan pasien, obat-obatan, pemberian insentif tenaga kesehatan, termasuk pengadaan vaksin,” terang Menkeu.

Kedua, penambahan anggaran dalam rangka melindungi masyarakat dari merosotnya daya beli masyarakat. Ketiga, mendukung dan melindungi dunia usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Keempat, menjaga stabilitas sistem keuangan dari ancaman efek domino akibat kontraksi dan pelemahan ekonomi.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel:

Video Pilihan