Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Forum GPDRR 2022 Akan Digelar Pekan Ini, Menko PMK Ungkap Target Indonesia

Forum GPDRR 2022 Akan Digelar Pekan Ini, Menko PMK Ungkap Target Indonesia Kredit Foto: Menko PMK
Warta Ekonomi, Jakarta -

Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) tahun 2022 ini akan dimulai pada tanggal 25 Mei hingga 27 Mei bertempat di Nusa Dua Hall BNDCC, Bali. Forum GPDRR tahun ini nantinya akan diikuti oleh 4.091 delegasi dari 193 negara di mana 3.001 delegasi akan hadir in-person dan 1.096 delegasi melalui platform online.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Forum GPDRR sebagai momentum untuk memperkuat pengurangan risiko dan penanggulangan bencana.

Baca Juga: Waduh! Muhadjir Effendy Sebut Calon Jamaah Haji Belum Vaksin Lengkap Bisa Batal Berangkat

"Dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah forum internasional ini menjadi momentum untuk memperkuat mitigasi, praktik baik pengurangan risiko bencana, termasuk penanggulangan bencana secara global dan nasional," ujar Muhadjir dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (23/5/2022).

Nantinya, forum ini akan membahas banyak hal terkait topik penting, di antaranya adalah tata kelola risiko bencana, investasi risiko bencana, dan pemulihanpasca pandemi.

Menko Muhadjir juga menambahkan, ada beberapa target yang akan dicapai selama pagelaran global ini, mulai dari recovery pasca pandemi hingga meningkatkan kesadaran publik terkait pengurangan dan penanggulangan risiko bencana.

"Target pertama lebih ke pemulihan pasca-Covid-19; target kedua meningkatkan kesadaran publik dalam penanggulangan bencana; target ketiga melibatkan elemen penting pentahelix dalam pengurangan risiko bencana; target keempat menunjukkan praktik baik yang sudah Indonesia lakukan," jelasnya.

Sebelum kegiatan Forum GPDRR tersebut dimulai, akan ada kegiatan penanaman sepuluh juta pohon pada 34 provinsi di Indonesia. Kegiatan tersebut sebagai wujud aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental mendukung Forum GPDRR.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan