Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Antisipasi Penyebaran PMK, Pemerintah Awasi Ketat Sapi dari Jawa ke Sumatera

Antisipasi Penyebaran PMK, Pemerintah Awasi Ketat Sapi dari Jawa ke Sumatera Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lalu lintas sapi dari Pulau Jawa ke Sumatera maupun sebaliknya yang melintas melalui Pelabuhan di Kota Cilegon diawasi secara ketat Kementrian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian.

Pengawasan itu dilakukan sebagai bentuk upaya pemerintah dalam penanganan mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Badan Karantina Pertanian Bambang mengatakan Siaga PMK ini merupakan respon dari Kementerian Pertanian untuk menjamin lalu lintas hewan ternak aman di tengah wabah PMK. 

"Kami lakukan pengawasan di tempat pemasukan dan pengeluaran media pembawa, seperti di Pelabuhan Merak ini. Sebelumnya hewan ternak dipastikan sudah memenuhi biosekuritinya. Terpenuhi masa karantina selama empat belas hari," ujarnya. 

Bambang menambahkan pihaknya juga melakukan pemeriksaan  dokumen meliputi SKKH yang dilengkapi surat rekomendasi pengeluaran dan pemasukan dari Dinas Peternakan sesuai dengan Permentan 21 tahun 2015.

“Pencegahan PMK perlu koordinasi seluruh pemangku kepentingan. Hal ini untuk memastikan tidak ada penyebaran ke daerah yang masih terbebas PMK,”tambahnya.

Seperti diketahui Sabtu (21/5) kemarin, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. secara langsung memastikan lalu lintas sapi antar area di Pelabuhan Merak berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). 

Baca Juga: Cegah Penyebaran PMK, Pasar Hewan Ditutup Sementara

Syahrul melakukan inspeksi terkait pengawasan terhadap sapi yang akan dilalulintaskan keluar Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Ia memastikan akan terus ecara aktif melakukan pengawasan terhadap hewan ternak di tempat pemasukan dan pengeluaran diseluruh wilayah tanah air.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan