Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jeng Jeng, Pengamat Sebut Jokowi Ogah Dukung Puan, Tapi Lebih Pilih Sosok Ini

Jeng Jeng, Pengamat Sebut Jokowi Ogah Dukung Puan, Tapi Lebih Pilih Sosok Ini Kredit Foto: Antara/BPMI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di hadapan para relawan Pro Jokowi (Projo) terkait dukungan Pilpres 2024 yang sempat menyinggung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, menuai spekulasi politik. Publik menilai, Jokowi akan berpihak pada Ganjar Pranowo dalam gelaran Pilpres 2024.

Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, sikap Jokowi semakin menunjukkan tidak mendukung Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang bakal diusung pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Bukan Prabowo atau Ganjar, Pengamat Sebut PDIP Mulai Dekati Sosok Ini untuk Pilpres 2024

“Ucapan Jokowi itu mensiratkan pernyaan saya sejak lama. Kecil kemungkinan Jokowi dukung Puan,” kata Ujang, Senin (23/5).

Menurut Ujang, jika PDIP mengusung Puan Maharani dalam gelaran Pilpres 2024, kemungkinan tidak akan didukung oleh Jokowi. Sebab, secara politik akan berimbas serius bagi Jokowi, lantaran tidak lagi berkuasa.

Dia memandang, jika Jokowi mendukung Puan dalam gelaran Pilpres 2024, maka akan bernasib sial. Karena tidak bisa dikendalikan oleh mantan Wali Kota Solo itu.

Baca Juga: Orang PDIP Sendiri yang Sebut Pidato Jokowi Multitafsir, Bisa Diartikan Perpanjangan 3 Periode

“Jokowi tak akan bisa kendalikan Puan Maharani, karena Puan Maharani tentu akan lebih patuh pada Megawati. Kalau sudah begitu, Jokowi tak akan punya power apa-apa ketika sudah tak jadi presiden,” ungkap Ujang.

Oleh karena itu, apabila Jokowi mendukung Ganjar pada Pilpres 2024 mendatang, maka Ganjar akan manut dan bisa mengamankan Jokowi ketika sudah tidak lagi menjabat sebagai Presiden.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan