Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Demi Capai Status Endemi, Fadel Muhammad: Peran Pemerintah dan Stakeholder Terkait Sangat Krusial

Demi Capai Status Endemi, Fadel Muhammad: Peran Pemerintah dan Stakeholder Terkait Sangat Krusial Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Fadel Muhammad, mengimbau kepada Pemerintah dan stakeholder terkait untuk menjaga dan bahkan meningkatkan peran di dalam mengendalikan pandemi agar status endemi bisa tercapai secepat mungkin.

"Saya mengimbau kepada Pemerintah dan stakeholder terkait untuk menjaga dan lebih meningkatkan peran serta usaha di dalam mengendalikan pandemi Covid-19 ini agar status endemi yang kita ingin capai bisa secepatnya kita raih. Dengan kata lain, peran Pemerintah dan stakeholder terkait sangat krusial demi menuju status endemi," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (25/05/2022).

Baca Juga: Fadel Muhammad Apresiasi Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO dan Minyak Goreng

Fadel Muhammad mengatakan, Pemerintah tidak boleh terlalu berpuas diri walaupun pandemi sudah lebih terkendali. Hal ini yang justru harus makin ditingkatkan agar kasus Covid-19 bisa makin terus melandai.

"Saat ini, kasus Covid-19 sudah dapat dikendalikan. Menurut saya, Pemerintah sudah melakukan hal yang tepat di dalam mengendalikan pandemi ini. Akan tetapi, saya menyarankan agar Pemerintah tidak terlalu berpuas diri dengan hasil ini. Justru dengan ini, usaha Pemerintah harus lebih digas lagi," katanya.

Founder dan Komisaris Warta Ekonomi ini kembali mengingatkan, walaupun Indonesia saat ini berada pada masa transisi menuju endemi, penentuan status dari pandemi menjadi endemi ditentukan oleh World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia. Dengan begitu, status endemi tidak dapat diputuskan sendiri oleh satu negara.

"Sekarang, kita memang sedang pada masa transisi menuju endemi. Beberapa indikator pertimbangan transisi ke endemi kita penuhi. Akan tetapi, saya ingin mengingatkan kepada Pemerintah dan masyarakat bahwa status endemi ini hanya bisa ditentukan oleh WHO," imbuhnya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin dan patuh protokol kesehatan (prokes) sangat ketat serta vaksinasi agar pandemi makin terkendali dan WHO dapat memberikan status endemi kepada Indonesia.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu disiplin dan patuhi prokes dengan sangat ketat. Selain itu, lakukan vaksinasi bagi yang belum. Bagi yang sudah vaksin ke-2, segara lakukan vaksin booster. Mari kita jadikan Indonesia sebagai percontohan dunia pengendalian pandemi Covid-19. Ini juga agar kita bisa secepatnya mendapatkan status endemi dari WHO. Dengan usaha bersama, Insyaallah, keberhasilan ini akan segera kita capai," tutupnya.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan