Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Babak Baru Pabrik Porang Ada di Lombok

Babak Baru Pabrik Porang Ada di Lombok Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengolahan porang di Indonesia memasuki babak baru mulai Rabu (25/5/2022). Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen akan mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Gatut Sumbogodjati mengatakan, pembangunan pabrik pengolahan porang ini mendorong diversifikasi tanaman pangan sebagai ketahanan pangan nasional, yang tidak ada hanya bertumpu pada tanaman padi.  "Kementerian pertanian sangat mengapresiasi pendirian pabrik pengolahan porang," ujarnya.

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid mengapresiasi pendirian pabrik pengolahan porang itu. "Bukan hanya membangun hilir hasil produk pengolahan porang namun juga membangun hulu dengan pembinaan para petani untuk penanaman porang, sudah ada puluhan kelompok tani yang dibina oleh PT Rezka Nayatama," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/5/2022). Baca Juga: Kementerian Pertanian Laksanakan Kegiatan Pasar Tani Murah untuk Masyarakat Ternate

Kehadiran pabrik itu bukti Lombok Barat siap menerima investasi. "Tidak perlu ragu menanamkan modal di sini. Pemkab menyambut dengan tangan terbuka dan siap memfasilitasi," kata dia. 

Sementara dalam pesan videonya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap, pabrik pengolahan tepung glukomanan yang dibangun PT Rezka Nayatama di Sekotong dapat dijadikan acuan bagi pabrik sejenis. Tidak hanya di Nusa Tenggara Barat saja, pabrik di Sekotong diharapkan bisa menjadi acuan di Indonesia. "Saya pasti mendukung," kata dia

Kehadiran pabrik itu amat penting. Pabrik itu menjadi loncatan pengolahan porang di Nusa Tenggara Barat. Tidak sekadar menanam, pabrik itu menunjukkan Lombok Barat bisa menjadi lokasi industri terpadu porang.

Bagi Kementan, pabrik itu wujud dari pelaksanaan visi penyediaan perawatan manusia. Seiring peningkatan taraf hidup, kesadaran akan kesehatan semakin meningkat. Wujudnya antara lain peningkatan konsumsi makanan sehat. Porang merupakan salah satu sumber pangan sehat.

Selain itu, tepung glukomanan dapat menjadi bahan baku industri farmasi dan komestik. Pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen akan menjadi lompatan penting dalam rantai industri porang nasional.

Baca Juga: KPK Tak Takut Dinilai Politis Bila Tersangkakan Anies Baswedan, Kalau Bersih Tak Perlu Risih: Berdasarkan Alat Bukti...

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: