Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perusahaan Bir Jadi Sponsor Formula E Jakarta, Ini Penjelasan Ahmad Sahroni

Perusahaan Bir Jadi Sponsor Formula E Jakarta, Ini Penjelasan Ahmad Sahroni Kredit Foto: Instagram/Formula E
Warta Ekonomi, Jakarta -

Deretan nama sponsor untuk ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta menuai kontroversi. Pasalnya, dari sekian nama sponsor, ada nama Heineken yang merupakan perusahaan bir asal Belanda.

Terkait hal ini, Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni angkat bicara. Ia menyebut Heineken merupakan sponsor global yang mendukung langsung Formula E Operation (FEO).

Baca Juga: Pelaksanaan Formula E Sebentar Lagi, Geisz Chalifah Sindir PSI Hingga Giring

Artinya, Heineken merupakan sponsor Formula E untuk semua lokasi, tidak hanya di Jakarta saja

"Itu global punya, sponsor langsung FEO," ujar Sahroni saat dikonfirmasi, Rabu (25/5/2022).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini menyadari adanya kontroversi karena keterlibatan perusahaan bir dalam Formula E di Jakarta. Namun, ia mengaku tak bisa mengubahnya karena Heineken merupakan sponsor global.

"Bukan urusan dalam negeri. Masa urusan mereka kita ikut campur," pungkasnya.

Sebelumnya, panitia Formula E merilis deretan sponsor ajang balapan yang digelar 4 Juni 2022 mendatang.

Pada laman resmi Jakarta E Prix, terdapat deretan sponspor Formula E yang dibagi menjadi empat jenis, yakni sponsor utama, global, teknis, hingga partner biasa.

ABB menjadi sponsor utama sekaligus penyenggara acara. Sementara itu, pada tuisan besar juga terpampang perusahaan keuanganan Julius Baer sebagai sponsor global.

Pada bagian sponsor teknis, ada perusahaaan ban asal Perancis, Michelin.

Selain tiga sponsor utama, ada belasan sponsor biasa yang juga tercantum di bagian bawah. Namun di antara belasan sponsor tersebut, ada dua sponsor yang banyak diperbincangkan publik.

Pasalnya, pagelaran Formula E itu juga menggandeng produsen sampanye Moet&Chaldon dan produsen bir, Heineken.

Kedua produsen tersebut tertera dalam deretan sponsor parter biasa. Hal ini yang kemudian mengundang berdebatan warganet di berbagai media sosial.

"Ada merk bir sebagai sponsor Formula E. Untung Kepala daerahnya Anies Gubernur soleh yang bisa menurunkan hujan hanya disaat libur. Coba kalo Ahok, bisa demo berjilid-jilid," tulis pegiat media sosial Denny Siregar.

"Ada birnya, kemungkinan bakalan digoreng tuh," imbuh warganet lain.

"Ini sponsor global Formula E kan? Mau event dimanapun kan emang dipajang," balas warganet lain.

"Keren sponsornya, mantap. Sudah bisa banyakan sambil nonton balap menikmati sbotol bir dingin," tulis warganet di kolom komentar.

"Di semua event FE ya memang itu juga sponsornya, padahal mah konteks yang dimaksud kemarin soal sponsor lokal," timpal lainnya.

Selain dari perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta Propertindo (Jakpro) juga menjadi sponsor untuk Forula E.

Pagelaran Formula E sendiri akan diadakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan