Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Riau akan Buat Mal Vaksinasi. Layani Vaksinasi Hepatitis dan Meningitis

Riau akan Buat Mal Vaksinasi. Layani Vaksinasi Hepatitis dan Meningitis Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau akan membuat Mal Vaksinasi Riau. Lokasinya di jalan Melur, Pekanbaru tepatnya di depan Poltekkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Riau. 

Demikian disampaikan Kepala Diskes Provinsi Riau, Zainal Arifin, Rabu (25/5/2022) di Pekanbaru. Dia mengatakan, saat ini rumah vaksinasi 24 jam yang didirikan sebelumnya sudah ditutup, dan pihaknya akan membuat Mal Vaksinasi secara permanen. 

"Kita sudah konsultasi dengan Kemenkes dan koordinasi dengan dinas kesehatan Kabupaten/Kota, kita akan buat Mal Vaksinasi. Rencana kita buat di jalan Melur, Pekanbaru," kata Zainal. 

Zainal menyampaikan, saat ini Mal Vaksinasi tersebut tengah dilakukan renovasi, disamping pihaknya tengah menyiapkan perangkat hukumnya.

"Sekarang sedang renovasi, dan kita siapkan perangkat hukumnya. Kemudian kita sepakati untuk petugasnya bersama Diskes Kota Pekanbaru, karena Mal Vaksinasi ini akan berkontribusi untuk masyarakat Pekanbaru," terangnya. 

Ditanya kapan Mal Vaksinasi itu akan diresmikan, Zainal menyatakan secepatnya, dan direncakan Mal Vaksinasi itu akan diresmikan oleh Dirjen Kemenkes RI. 

"Insya Allah secepatnya kita resmikan, karena sekarang kita sedang konsultasi dengan kementerian kalau pak Dirjen berkenan yang akan meresmikan Mal Vaksinasi," sebutnya. 

Lebih lanjut Zainal menjelaskan, nantinya Mal Vaksinasi Riau itu tidak hanya melayani vaksin Covid-19, tapi juga untuk imunisasi rutin bisa didapatkan di sana. 

"Termasuk di Mal Vaksinasi juga melayani vaksin Hepatitis dan Meningitis. Karena vaksin untuk jemaah haji dan umrah itu Meningitis. Semua nanti gratis, kita tidak ingin semua berbiaya. Makanya perangkat hukum itu yang sedang kita siapkan, dan konsultasi ke pusat," bebernya. 

Dengan adanya Mal Vaksinasi Riau, maka diharapkan masyarakat yang memiliki kesibukan kerja pada siang hari dapat melakukan vaksin di Mal Vaksinasi Riau. Sebab jam operasional Mal Vaksinasi juga sama dengan mal. 

"Karena mal bukanya jam 10 pagi dan tutupnya jam 10 malam, maka Mal Vaksinasi juga bukanya sama dengan mal. Untuk pelayanan vaksin juga bisa melalui online dan manual datang langsung ke Mal Vaksinasi. Itu semua sedang kita persiapkan, agar mal ini tidak buka tutup, karena kita ingin Mal Vaksinasi Riau permanen," tukasnya. 

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan