Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Prospek Cerah, Tanaman Hias Berpeluang jadi Unggulan Ekspor

Prospek Cerah, Tanaman Hias Berpeluang jadi Unggulan Ekspor Kredit Foto: Antara/Arnas Padda
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan tanaman hias merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai prospek cerah sebagai komoditas unggulan ekspor.

Hal ini karena pada tahun lalu tercatat ekspor tanaman hias mengalami pertumbuhan drastis hingga 98% atau mencapai lebih US$17 juta. Wapres menuturkan tanaman hias mencatat pertumbuhan ekspor yang positif selama Covid-19.

Berdasarkan data Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), ekspor tanaman hias tahun 2021 mampu mencatatkan petrtumbuhan hingga 98% atau mencapai lebih dari US$17 juta.

Ma’ruf menjelaskan salah satu tanaman hias yang berpotensi untuk dikembangkan yaitu Aglaonema. Ia menjelaskan Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki spesies aglaonema bervariasi serta penghasil aglaonema hybrid berkualitas.

Aglaonema sangat potensial dikembangkan di dalam negeri, terlebih dengan dukungan iklim tropis di Indonesia. Namun, kata Ma’ruf patut disayangkan karena sampai saat ini bibit tanaman tersebut masih diimpor dari luar negeri.

Padahal, menurut dia, potensi dalam negeri sangat memungkinkan apabila ada upaya-upaya untuk mengembangkannya. “Sampai saat ini bibit Aglaonema yang jumlahnya ratusan ribu pohon masih diimpor dari luar negeri,” tuturnya. 

Baca Juga: Kementan Siapkan Prosedur Penyediaan Hewan Kurban

Ia pun berharap agar ke depan, para petani Aglaonema dapat berkembang maju, sehingga kebutuhan setiap bulan, sekitar 600 ribu pohon dapat dipenuhi.

Baca Juga: Tinggalkan Dolar, Indonesia dan Malaysia Sepakati Penggunaan Mata Uang Lokal

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: