Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Naganaya Indonesia, APTIKNAS dan BSSN Gelar National Cybersecurity Connect 2022

Naganaya Indonesia, APTIKNAS dan BSSN Gelar National Cybersecurity Connect 2022 Kredit Foto: BSSN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Naganaya Indonesia berkolaborasi dengan Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional (APTIKNAS) beserta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan acara Soft Launching National Cybersecurity Connect 2022.

Pandemi Covid-19 telah memaksa Indonesia untuk melakukan percepatan pemanfaatan teknologi digital. Peranan transformasi digital sangatlah penting dalam membantu terciptanya efektifitas dan efisiensi di segala lini kehidupan, khususnya dalam peningkatan ekonomi nasional.

Baca Juga: Tangkal Serangan Siber, BSSN Rancang Tiga Regulasi Baru

Pada tahun 2022, pemerintah Indonesia dipercaya akan terus berupaya untuk melakukan beberapa strategi penting dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan target pertumbuhan ekonomi sebesar 4%-5%.

Hal ini tentunya tidaklah mudah, dan memerlukan kolaborasi sinergitas antar pihak dalam peningkatan ekonomi nasional. Disamping itu, pertumbuhan ekonomi yang tinggi juga akan berpotensi untuk mengundang banyak ancaman kejahatan khususnya di bidang keamanan siber.

Berkaca pada tahun 2021, tercatat terdapat sekitar 1,6 miliar serangan siber secara nasional dan  kejahatan siber ini diproyeksikan akan terus mengancam berbagai sektor bisnis/industri dan belum surut pada 2022.

National Cybersecurity Connect 2022, hadir untuk menjadi sebuah solusi dan sebuah wadah bagi seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) untuk berkumpul dan membahas perkembangan keamanan siber secara nasional.

Menurut Rafidi Iqra, Direktur Pengembangan Bisnis PT Naganaya Indonesia Internasional “event ini diselenggarakan oleh Naganaya Indonesia merupakan kolaborasi dari berbagai pihak terkait yang memiliki satu tujuan yang sama yaitu kekuatan Cyber Security di Indonesia yang diharapkan mampu memberikan dampak nyata terhadap perkembangan Indonesia”

“Konsentrasi APTIKNAS terkait Cyber Security yaitu membentuk APTIKNAS Cyber Security Chapter, wadah khusus anggota pemain cyber security di Indonesia sejak 2019. Mengadakan kegiatan edukasi Cyber Security Awareness (seminar + webinar)," kata Ir Soegiharto Santoso Hoky selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional (APTIKNAS).

Ada sekitar 20-30 anggota APTIKNAS yang perusahaan nya terkait dengan IT Security. Fokus APTIKNAS terkait Cyber Security di Indonesia tahun ini memastikan segera RUU PDP bisa segera di setujui untuk kepastian hukum terkait cyber security di Indonesia. Mendorong perlunya standarisasi perangkat Hardware/Software terkait Cyber Security yang bisa digunakan di Indonesia, termasuk hingga sertifikasinya. Mendukung talenta digital/SDM terkait Cyber Security.

BSSN selaku salah satu Lembaga negara dalam bidang keamanan siber melalui Dr. Sulistyo, S.Si, S.T., M.Si selaku Direktur Strategi Keamanan Siber dan Sandi (BSSN) mengatakan, “BSSN sesuai Perpres 28 tahun 2021 mempunyai tugas."

Baca Juga: Ekonomi Makin Pulih, Penyaluran Kredit BTPN Naik Hingga 10%

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: