Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survei Sebut Properti DKI Jakarta Tak Akan Terpengaruh oleh Kepindahan IKN

Survei Sebut Properti DKI Jakarta Tak Akan Terpengaruh oleh Kepindahan IKN Kredit Foto: Z Living
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei yang dilakukan oleh Knight Frank Indonesia menunjukkan perpindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur tidak akan berpengaruh signifikan pada sektor properti di Jakarta. Meski IKN pindah, namun properti di Jakarta tetap akan mengalami pertumbuhan.

Melalui Indonesia Property Survey pada April 2022, 73% responden mengatakan bahwa pindahnya IKN tidak akan berdampak banyak terhadap pertumbuhan pasar properti di Jakarta, khususnya dari segi harga. Sebanyak 54% responden juga menilai hal tersebut tidak akan berpengaruh negatif terhadap tingkat okupansi properti di Jakarta.

Baca Juga: Profesor Harvard Puji Rencana Jokowi Bangun Pendidikan Kualitas Internasional di IKN Baru

"Pengembangan IKN diprediksi tidak akan berpengaruh signifikan dalam jangka pendek terhadap pertumbuhan properti di Jakarta, baik dalam sisi pasokan, permintaan, harga, maupun tingkat hunian," ujar Willson Kalip, Country Head Knight Frank Indonesia, dalam keterangannya, Kamis (2/6/2022).

Optimisme akan terus bertumbuhnya sektor properti di Jakarta juga tercatat dari tidak akan terpengaruhnya jumlah pasokan (68%) ataupun permintaan (63%) properti di Jakarta.

"Kawasan Jabodetabek, khususnya Jakarta, akan tetap menjadi poros untuk beragam kegiatan bisnis dan investasi properti," tambahnya.

Baca Juga: IKN Usung Konsep Berkelanjutan, Perusahaan Asal Finlandia Siap Pasok Beton Rendah Karbon Geoprime

Sebagai tambahan, sektor residensial dan perkantoran juga diprediksi akan terbangun paling awal di pengembangan IKN. Fasilitas logistik dan industri, hotel, serta ritel juga dinilai perlu dibangun pada tahapan awal.

Indonesia Property Survey juga mencatat beberapa kota lain yang potensial untuk investasi properti 3-5 tahun ke depan. Penajam Paser Utara, sebagai calon IKN (Ibu Kota Negara), juga termasuk sebagai salah satu kota yang potensial untuk investasi properti oleh 16% responden.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan