Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Manfaatkan Momentum Bulan Ramadan, Bupati Jember Prakarsai Program Jember Berbagi untuk Masyarakat

Manfaatkan Momentum Bulan Ramadan, Bupati Jember Prakarsai Program Jember Berbagi untuk Masyarakat Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bulan Ramadan 1443 Hijriah yang lalu menjadi titik awal terciptanya program Jember Berbagi yang diprakarsai oleh Bupati Kabupaten Jember, Hendy Siswanto. Program Jember Berbagi ini merupakan program kelanjutan dari program Jember Hadir Untuk Rakyat (JHUR).

Program JHUR ini dilakukan setiap hari Jumat dan Sabtu di setiap minggunya, di mana Bupati Jember serta jajarannya hadir ke kecamatan-kecamatan di wilayah Kabupaten Jember dengan menghadirkan seluruh tokoh masyarakat seperti kyai, Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), pelaku UMKM, para Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN), serta perwakilan Kepala Desa untuk  berkomunikasi secara langsung perihal berbagai persoalan yang terjadi dalam wilayah kecamatan.

Baca Juga: Cegah PMK, Pasar Hewan di Jember Disemprot dengan Disinfektan 

"Memasuki bulan suci Ramadan, Program Jember Berbagi kami lakukan, masih tetap dalam kegiatan JHUR hanya saja semangat di dalamnya dititikberatkan kepada semngat berbagi sesama. Kegiatan ini sekaligus merupakan satu kesempatan untuk memberikan contoh tauladan kepada masyarakat yang dimulai dari Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) terlebih dahulu untuk berbagi kepada masyarakat yang perlu mendapatkan bantuan, tetutama masyarakat yang belum pernah menerima bantuan," jelas Hendy dalam keterangan tertulis di Jakarta, dikutip Jumat (3/6/2022).

Bantuan-bantuan yang diberikan oleh Pemkab Jember untuk Program Jember Berbagi adalalah bantuan dari Pemerintahan Kabupaten Jember semua, antara lain sembako, BLT, bantuan untuk ibu-ibu hamil dalam hal pemenuhan asupan gizi termasuk pemenuhan gizi untuk anak-anak stunting.

Untuk bantuan sembako, Pemkab Jember mendapatkan support dari para stakeholder serta mitra-mitra kerja dari Pemkab Jember seperti perbankan, koperasi, serta komunitas-komunitas. Salah satunya, komunitas off-roader yang membantu dalam hal penyediaan sembako dengan membagikan sendiri sembakonya kepada masyarakat.

Bupati Kabupaten Jember, Hendy Siwanto, menambahkan bahwa secara pribadi sejak 30 tahun yang lalu sampai dengan saat ini dia sudah melakukan kegiatan secara rutin memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan. Dia berbagi dengan menyediakan takjil untuk berbuka puasa bersama. Selain itu, di Ramadan kemarin, Bupati Jember sempat merenovasi bangunan Masjid Al-Baitul Amin atas niatan Kasih Fajarini (Ibu Rien), istri Bupati Jember Hendy Siswanto.

"Kami lakukan kegiatan Jember Berbagi ini setiap hari selama bulan Ramadan mulai pukul 10:00 pagi sampai dengan jam 20:00 malam. Kami berkeliling menjumpai masyarakat secara langsung seperti masyarakat Dhuafa, masyarakat yang hidup dengan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sekaligus kontrol pekerjaan proyek-proyek APBD dan ternyata di lapangan banyak persoalan yang harus ditindaklanjuti. Harapannya, ke depan ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan kami lakukan selama bulan suci Ramadan," tegas Bupati Hendy.

Bupati Jember menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Jember mengajak serta seluruh masyarakat yang memiliki rezeki lebih yang diberikan oleh Allah SWT di bulan suci Ramadan untuk berbagi kepada sesama. Dengan begitu, masyarakat yang lain dapat merasakan kebahagiaan yang sama di bulan suci Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idulfitri.

Seusai bulan suci Ramadan, kegiatan ini akan terus dilakukan kembali dalam Program Jember Hadir Untuk Rakyat (JHUR). Dijelaskan, sistem yang ada di dalamnya sama dengan Jember Berbagi, tetapi kegiatan berbagi akan dilakukan untuk UMKM atau perusahaan–perusahaan yang masih belum memiliki SK, Nomor Induk Usaha (NIB), serta legalitas perusahaan yang para pelaku usaha kesulitan untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Ekonomi Makin Pulih, Penyaluran Kredit BTPN Naik Hingga 10%

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: