Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN UIP JBT Tanam 926 Bibit Pohon, Wujudkan Lingkungan Hijau Produktif

PLN UIP JBT Tanam 926 Bibit Pohon, Wujudkan Lingkungan Hijau Produktif Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) memberikan 926 bibit pohon senilai Rp90 juta kepada warga Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Upaya ini dilakukan untuk turut melindungi dan menyelamatkan lingkungan hidup sekaligus dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

Baca Juga: Berkat Transformasi, Laba PLN Tembus Rp13,2 Triliun: Terbesar dalam Sejarah PLN

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS, mengatakan program bantuan penanaman bibit pohon ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan yang selaras dengan pencapaian SDGs 15, yaitu Ekosistem Daratan. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya yang berada di sekitar proyek agar bersama-sama turut menjaga lingkungan dan menciptakan ekosistem hijau yang lestari.

"Program ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan bagian dari SDGs 15 yang menjadi target proritas TJSL PLN, di bidang lingkungan. Melalui program ini, kami ingin mengajak masyarakat, khususnya saat ini yang berada di sekitar proyek PLTA Cisokan, untuk turut menjaga dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dengan melakukan kegiatan penanaman pohon." kata Djarot kepada wartawan di Kabupaten Bandung Barat, Minggu (5/6/2022)

Bibit pohon yang diberikan untuk ditanam di kawasan rumah warga sekitar pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Upper Cisokan Pumped Storage berkapasitas 1.040 Mega Watt (MW) tersebut merupakan jenis pohon produktif yang terdiri dari 115 bibit mangga, 75 bibit rambutan, 113 bibit belimbing, 89 bibit jeruk, 82 bibit jambu, 97 bibit kedongdong, 95 bibit durian, 115 bibit pete, 85 bibit sawo, dan 60 bibit kelengkeng. Selain itu, PLN juga memberikan bantuan 270 kilogram pupuk.

Djarot berharap bibit pohon produktif yang ditanam tersebut tidak hanya untuk penghijauan namun juga dapat memberikan manfaat lainnya dari hasil panen yang didapat.
 
"Menanam pohon produktif tidak hanya menghijaukan lingkungan, namun ke depannya hasil panen pohon juga dapat dikonsumsi, diolah, maupun dijual oleh masyarakat. Dengan begitu, diharapkan dapat memberikan dampak perekonomian juga bagi masyarakat sekitar," ungkapnya

Sementara itu,salah satu warga penerima bantuan, yang bertempat tinggal di dusun Cimarel, Desa Sukaresmi, Ajat Sudarajat menyampaikan apresiasinya atas aksi peduli lingkungan dari program TJSL PLN UIP JBT.

“Terima kasih PLN untuk bantuan bibit pohon bagi masyarakat Desa Sukaresmi. Pohon ini akan kami rawat sebaik-baiknya dan semoga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari ke depannya serta menjaga penghijauan lingkungan sekitar,” ujarnya

Menanam pohon merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan manusia terhadap bumi. Dengan menanam satu pohon, maka sejuta manfaat dapat dirasakan bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup.

Baca Juga: Suksesnya Anies Gelar Formula E Adalah Kartu Mati PSI dan Giring Ganesha!

Selain program penanaman pohon di Desa Sukaresmi, Tahun ini PLN UIP JBT juga menyalurkan beberapa program TJSL di bidang lingkungan lainnya, seperti program pengelolaan sampah dan program pengembangan kawasan wisata hutan edukasi.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan