Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bareng Korea Selatan, Amerika Luncurkan 8 Rudal buat Tanggapi Uji Coba Rudal Korea Utara

Bareng Korea Selatan, Amerika Luncurkan 8 Rudal buat Tanggapi Uji Coba Rudal Korea Utara Kredit Foto: Reuters/Kim Hong-Ji
Warta Ekonomi, Washington -

Korea Selatan dan Amerika Serikat menembakkan delapan rudal permukaan-ke-permukaan pada Senin (6/6/2022) pagi di lepas pantai timur Korea Selatan. Peluncuran rudal ini dilakukan setelah Korea Utara meluncurkan rentetan rudal balistik jarak pendek pada Minggu (5/6/2022).

"Tindakan tersebut merupakan demonstrasi kemampuan dan kesiapan untuk melakukan serangan presisi terhadap sumber peluncuran rudal Korea Utara atau pusat komando dan dukungan," ujar kantor berita Korea Selatan, Yonhap mengutip pernyataan militer Korea Selatan.  

Baca Juga: 8 Rudal Balistik Korea Utara Ditembakkan, Latihan Militer Gabungan Korea Selatan-Amerika Beres

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol telah berjanji untuk mengambil tindakan yang lebih keras terhadap Korea Utara. Yoon dan Presiden AS Joe Biden sepakat untuk meningkatkan latihan militer bersama dan tindakan pencegahan.

Seorang pejabat dari Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengkonfirmasi delapan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) telah ditembakkan.

Rudal balistik jarak pendek Korea Utara, yang ditembakkan ke arah laut di lepas pantai timur pada Minggu, merupakan uji coba tunggal terbesarnya. Penembakan rudal dilakukan sehari setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat mengakhiri latihan militer bersama.  

Latihan bersama militer Korea Selatan dan AS melibatkan kapal induk Amerika untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat tahun. 

Jepang dan Amerika Serikat juga melakukan latihan militer bersama pada Minggu sebagai tanggapan atas uji coba rudal Korea Utara. Korea Utara mengkritik latihan militer bersama tersebut sebagai contoh dari "kebijakan bermusuhan" Washington yang terhadap Pyongyang.

Korea Utara telah melakukan serangkaian peluncuran rudal tahun ini. Mulai dari senjata hipersonik hingga uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesar untuk pertama kalinya dalam hampir lima tahun.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan