Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

MPMX Jual 50% Saham Anak Usahanya ke Perusahaan Singapura

MPMX Jual 50% Saham Anak Usahanya ke Perusahaan Singapura Kredit Foto: Dok. MPMRent
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (IDX Ticker: MPMX, Perseroan), perusahaan konsumer otomotif dan transportasi terkemuka di Indonesia mengumumkan penandatanganan perjanjian jual beli pada tanggal 31 Mei 2022 dengan Trusty Cars Pte Ltd (Carro), sebuah perusahaan teknologi terkemuka di Singapura, dimana Carro menginvestasikan USD53,8 juta atau setara dengan Rp783,8 miliar untuk menjadi pemegang saham pada PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent), dengan kepemilikan 50% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh.

Investasi ini menandai dimulainya kemitraan antara MPMX, grup otomotif, transportasi dan mobilitas terkemuka di Indonesia dengan marketplace otomotif terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara- CARRO, untuk menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk online marketplace, pembiayaan, sewa kendaraan, layanan perbaikan, dan layanan purna jual.

“Kami bersyukur dalam mengumumkan penandatanganan perjanjian antara Perseroan dengan CARRO. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan peran aktif dari pemegang saham induk kami yaitu PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dalam mewujudkan kemitraan ini," Suwito Mawarati, Group Chief Executive Officer MPMX di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Menurutnya, perseroan dan Saratoga percaya bahwa CARRO merupakan mitra yang sangat baik yang akan mampu meningkatkan nilai strategis bisnis Perseroan melalui rekam jejak kesuksesan serta pengalaman operasionalnya yang luas di ekosistem otomotif online yang terintegrasi.

"Ini merupakan babak baru yang penting dan menarik bagi MPMRent dimana kemitraan ini akan menciptakan ekosistem otomotif online dan offline (O2O) terintegrasi yang unik di Indonesia dengan penawaran produk dan layanan lengkap bagi konsumen kami mulai dari marketplace, rental, pembiayaan hingga asuransi yang melayani pasar B2B dan B2C,” ungkapnya.

Menanggapi kemitraan ini, CEO CARRO, Aaron Tan mengatakan, pihaknya tetap kukuh dan berkomitmen untuk berinvestasi dan memajukan bisnisnya di Indonesia meskipun lingkungan makro dan global yang penuh ketidakpastian. 

"Kami menantikan dan tidak sabar bermitra dengan MPM untuk meningkatkan pertumbuhan dan memberikan transformasi pengalaman kepada pelanggan melalui ratusan engineers dan data scientist di seluruh Grup CARRO. Pertimbangan strategis memanfaatkan kekuatan yang melekat pada kedua perusahaan, kemitraan ini menghadirkan situasi yang saling menguntungkan bagi Perseroan dan CARRO," jelasnya.

Adapun kemitraan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Perseroan untuk membawa pertumbuhan lebih lanjut dalam mengembangkan nilai (unlocking values) dari bisnis yang ada, serta berinvestasi dalam inovasi dan mempercepat transformasi digital Perseroan. CARRO menghadirkan ekosistem online yang terintegrasi penuh dari pasar mobil hingga pembiayaan, Big Data, dan AI, akses pada database kendaraan yang berkembang pesat, dan teknologi computer vision dan algoritma harga. 

Hasilnya, MPMRent dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar persewaan mobil terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan akses ke jaringan bengkel yang berkembang pesat, lokasi persewaan dan pelelangan nasional yang strategis, basis pelanggan yang menguntungkan dan beragam, serta kemampuan operasional yang kuat. 

Kemitraan ini juga akan memperkuat nilai bagi pelanggan dan diler, dimana kedua perusahaan membangun komitmen terhadap strategi dan melanjutkan transformasi untuk menghadirkan platform yang relevan secara global dalam memberikan produk dan layanan generasi mendatang di pasar otomotif. Termasuk di dalamnya memberikan akses ke lebih banyak pilihan mobil bekas berkualitas yang tersedia dalam inventaris selama masa sewa dan paska sewa; praktik manajemen dan kontrol kualitas yang lebih baik, dan meneruskan digitalisasi layanan MPMRent untuk memastikan customer journey yang mulus dan mudah bagi pelanggan B2B.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: