Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiba di Stasiun Luar Angkasa Baru, 3 Astronaut China Bakal Tinggal 6 Bulan Lakukan Eksperimen...

Tiba di Stasiun Luar Angkasa Baru, 3 Astronaut China Bakal Tinggal 6 Bulan Lakukan Eksperimen... Kredit Foto: Reuters/China Daily
Warta Ekonomi, Beijing -

Stasiun luar angkasa China, Tiangong baru saja menyambut kedatangan pengunjung ketiganya. Misi Shenzhou 14 yang beranggotakan tiga orang tiba di Tianhe, modul inti dari Tiangong yang sedang dibangun.

Ketiga astronaut tiba di stasiun enam jam setelah pada pukul 02.44 GMT, mereka lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi, dengan roket Long March-2F.

Baca Juga: Kirim Astronaut Lagi Naik Shenzhou-14, China Makin Terdepan di Luar Angkasa

Kapsul yang memboyong Komandan Chen Dong, Liu Yang dan Cai Xuzhe, merapat ke pelabuhan Tianhe, pada Minggu (5/6/2022) pukul 09.42 GMT. 

Tianhe, yang berarti 'Istana Surgawi' dikirim ke orbit rendah Bumi pada April 2021, sebagai peluncuran pertama fase akhir program Tiangong. Modul sepanjang 16,6 meter ini telah menjadi bagian dari Program Luar Angkasa Berawak China atau 'Proyek 921'

Diharapkan Tiangong akan beroperasi penuh pada akhir tahun.

Nantinya selama di orbit, Chen dan lainnya akan melakukan berbagai eksperimen ilmiah dan kegiatan pendidikan; melakukan beberapa perjalanan luar angkasa dan memasang beberapa peralatan baru di dalam dan di luar Tianhe.

Para astronaut itu juga akan mengawasi kedatangan dua modul Tiangong lainnya, Wentian ('Mencari Surga') dan Mengtian ('Bermimpi tentang Surga'). Kedua modul itu, masing-masing akan dijadwalkan untuk meluncur pada Juli dan Oktober.

Pada saat peluncurannya tersebut, Wentian dan Mengtian akan menempel di kedua sisi Tianhe, membentuk pos orbit berbentuk T, dengan ukuran mencapai 20 persen dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dua misi awak sebelumnya yang dikirim ke Tianhe adalah Shenzhou 12 dan Shenzhou 13. Pada masa peluncurannya, mereka juga mengirim tiga astronaut ke modul inti. Shenzhou 12 diluncurkan pada Juni 2021 dan berlangsung selama tiga bulan.

Sementara Shenzhou 13, yang berangkat dari Bumi pada pertengahan Oktober lalu, berada di stasiun selama enam bulan. Para awak Shenzhou 13 telah kembali ke Bumi pada pertengahan April.

Sementara itu, Shenzhou 15 diperkirakan akan diluncurkan sekitar akhir tahun ini. Belum segera diketahui banyak soal detail dari peluncuran misi ini. Namun, jika semuanya berjalan sesuai rencana, Shenzhou 15 akan tumpang tindih dengan Shenzhou 14.

Seperti dilaporkan space.com, ini akan menandai serah terima kru pertama dari stasiun luar angkasa Tiangong.

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2022, Zurich Syariah Targetkan Premi Tumbuh 50%

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: