Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fahri Hamzah Sindir Koalisi Indonesia Bersatu, 'Cuma Sekumpulan Elite yang Gak punya Konsep'

Fahri Hamzah Sindir Koalisi Indonesia Bersatu, 'Cuma Sekumpulan Elite yang Gak punya Konsep' Kredit Foto: Instagram/Fahri Hamzah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menyinggung soal terbentuknya Koalisi Indonesia Baru (KIB).

Dia mengaku bingung dengan keberadaan KIB yang dinilai sebagai perkumpulan para elite.

"Kadang elite-elite itu ngumpul nggak pake akal, nggak pake konsep, cuma kaya orang ngumpul-ngumpul di pos ronda," ujar Fahri di kawasan Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/6).

Dia menilai bahwa sikap KIB tidak konsisten. Sebab, dalam koalisi itu semua partai sepakat tak membicarakan sosok yang akan diusung untuk maju Pilpres 2024.

“Namun, ada satu partai yang mengatakan sudah mengusung ketua umumnya sebagai calon presiden dan sudah ditetapkan dalam kongres,” katanya.

Eks politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu lantas mengkritik penggunaan kata koalisi yang dianggap tidak ada dalam sistem presidensial.

"Jadi saya kira elite kita semacam kurang memahami sistem kita ini, bahwa tidak ada yang namanya koalisi di dalam sistem presidensial," ucapnya.

Fahri menilai DPR merupakan perwakilan rakyat yang bertugas sebagai pengawas dan seharusnya bersikap sebagai oposisi terhadap pemerintah.

"Sebenarnya tidak boleh berkoalisi di dalam sistem presidensial, sebab itu artinya persekongkolan," tegas Fahri.

Sebab, menurutnya rakyat memilih anggota DPR untuk oposisi, sehingga tidak boleh mendukung pemerintah.

“Bunyi undang-undang konstitusinya begitu,” pungkasnya. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan