Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

G20 Health Working Group Kedua, Indonesia Ajak Bangun Sistem Kesehatan Global yang Kuat dan Tangguh

G20 Health Working Group Kedua, Indonesia Ajak Bangun Sistem Kesehatan Global yang Kuat dan Tangguh Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk memobilisasi sumber daya kesehatan sebagai persiapan guna menghadapi terjadinya pandemi di masa depan.

Demikian hasil pelaksanaan Health Working Group (HWG) Kedua, dalam gelaran Presidensi G20 Indonesia, 6-7 Juni 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga: Padahal Ditelepon Langsung Jokowi, Vladimir Putin Ngaku Ragu-ragu ke KTT G20

“Melalui HWG Kedua, Indonesia mengajak negara anggota G20 untuk bersama-sama berkomitmen mencapai sistem kesehatan yang lebih permanen dan suplai kesehatan esensial yang lebih baik,” kata Juru Bicara G20 Bidang Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi dalam keterangannya, Rabu (8/6/2022).

Siti Nadia menjelaskan, HWG Kedua menghasilkan satu tindakan kolektif global untuk meningkatkan investasi dan dukungan dari berbagai pihak untuk memperkuat kapasitas negara-negara berkembang guna melakukan pencegahan, kesiapsiagaan, dan respon terhadap pandemi di masa depan.

Ia menambahkan bahwa tercapainya ketahanan sistem kesehatan global yang kuat dan sustain serta pemerataan akses kesehatan antarnegara membutuhkan koordinasi dan kolaborasi yang baik dari negara anggota G20.

HWG merupakan salah satu kegiatan Presidensi G20 untuk isu penguatan arsitektur kesehatan global.

Baca Juga: Pendukung Anies Disindir Telak Soal Bendera HTI "Deklarasi Sendiri, Ribut Sendiri, Dibantah Sendiri"

Terdapat tiga agenda yang menjadi fokus dalam HWG Kedua yaitu mobilisasi sumber daya keuangan untuk melakukan pencegahan, kesiapsiagaan dan respon pandemi (PPR) di masa depan.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan