Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pindah Ke Tangerang, OPPO Sedang Atur Perpindahan Pabrik Barunya

Pindah Ke Tangerang, OPPO Sedang Atur Perpindahan Pabrik Barunya Kredit Foto: Reuters/Edgar Su
Warta Ekonomi, Jakarta -

OPPO merupakan salah satu produsen smartphone yang memiliki pabrik di Indonesia. Pabrik ini didirikan di tahun 2014, tepat satu tahun setelah OPPO masuk secara resmi ke pasar Indonesia.

Melansir dari siaran resminya, Kamis (09/06) kala itu, pemerintah Indonesia sedang mengupayakan peningkatan nilai Tingkat Kandungan Dalam Negri (TKDN) yang rencananya akan ditetapkan pada tahun 2016.

Baca Juga: OPPO Find X5 Pro 5G Telah Hadir! Berikut Spesifikasi, Harga dan Promonya

Namun, nyatanya OPPO sudah melakukan topping off pabrik pertamanya di luar Tiongkok pada Desember 2014, kemudian beroperasi penuh untuk memulai produksi smartphone pada Mei 2015. Kini, di tahun 2022 OPPO sedang melakukan berbagai persiapan untuk memindahkan produksi ke pabrik barunya.

“Saat ini kami dalam masa persiapan pengoperasian pabrik baru yang berlokasi di Bayur, Tangerang. Kami sedang mengatur berbagai perpindahan dari pabrik lama baik pekerja, peralatan produksi dan juga mengurus berbagai aspek legalitas. Hingga saat ini, OPPO belum melakukan perekrutan karyawan di pabrik baru kami” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Terkait dengan pabrik barunya, sampai saat ini OPPO belum melakukan penerimaan karyawan baru untuk mengisi pabrik yang berlokasi di Bayur. Aryo mengatakan banyak hal penting yang harus dilakukan untuk memastikan pabrik baru OPPO ini dapat beroperasi dan berjalan dengan mulus.

"Yang pertama dilakukan adalah pemindahan berbagai macam peralatan produksi. Berbagai peralatan ini tidak hanya dipindahkan secara fisik namun harus dilakukan pengaturan ulang dan berbagai kalibrasi agar dapat berproduksi dan memberikan hasil yang maksimal," katanya.

Selain peralatan, Aryo menjelaskan OPPO juga akan memindahkan bertahap para pekerja yang sebelumnya berada di pabrik lama. Menurutnya pemindahan pekerja ini ternyata tidaklah mudah, para pekerja harus melakukan berbagai penyesuaian terhadap lingkungan baru. Selain itu, ada beberapa persyaratan legalitas yang masih perlu diurus ke pemerintah sehingga pabrik ini diperkirakan belum dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat.

Baca Juga: Terancam Delisting, Bos Cottonindo Ariesta: Kami Masih Berusaha Dapatkan Dana Buat Operasikan Pabrik

“Kami mohon dukungan dari berbagai pihak di tanah air agar pabrik baru OPPO yang terletak di Bayur dapat segera beroperasi. Pendirian pabrik baru ini membuktikan komitmen OPPO untuk mendukung ekosistem Industri yang lebih baik dan juga mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia,” tutup Aryo.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan