Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasil Survei Terbaru, Jika Pilpres 2024 Berlangsung Sekarang, Prabowo dan Anies Kalah

Hasil Survei Terbaru, Jika Pilpres 2024 Berlangsung Sekarang, Prabowo dan Anies Kalah Kredit Foto: Antara/Risky Andrianto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih ungguh dalam perolehan suara responden pada survei tersebut.

Semisal saja pada pertanyaan terkait calon yang dipilih sebagai presiden apabila pemilihan digelar hari ini. Pertanyaan diajukan dalam simulasi pemilihan terhadap tiga nama, yakni Ganjar, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga: Bukan Ganjar Pranowo Atau Anies Baswedan, Tapi Parabowo yang Jadi Capres Paling Dikenal Publik

Hasilnya, Ganjar dipilih oleh 30,3 persen untuk menjadi presiden. Sementara Prabowo dipilih oleh 27,3 persen.

Anies berada di peringkat tiga dengan perolehan 22,6 persen dan 19,9 persen memilih tidak tahu atau tidak menjawab.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengungkapkan adanya peningkatan dukungan terhadap Ganjar dalam dua bulan terakhir.

"Dari 26,3 persen pada Maret 2022 menjadi 30,3 persen pada Mei 2022," kata Deni dalam keterangan persnya, Kamis (9/6/2022).

Sementara presentase pemilih Prabowo malah turun dari 34,1 persen menjadi 27,3 persen. Kalau Anies menunjukkan presentase stagnan di mana sebelumnya 23,5 persen kini menjadi 22,6 persen.

Baca Juga: Ganjarist Disebut Dalang Aksi FPI Reborn, Eh PSI Sebut Rocky Gerung Sedang Error

Kondisi serupa tampak terjadi pada simulasi semi terbuka. SMRC memberikan daftar 42 nama kepada responden untuk menjadi pilihan sebagai calon presiden. Lagi-lagi Ganjar menduduki posisi puncak dengan 22,5 persen.

Prabowo mengekor dari Ganjar dengan perolehan 17,5 persen responden. Sementara itu, Anies berada di peringkat tiga karena dipilih 13,2 persen responden.

Sebagai informasi, survei bertajuk 'Dinamika Pilihan Partai dan Presiden Menjelang 2024' tersebut dilakukan pada 10-17 Mei 2022. Sebanyak 1.220 responden dilibatkan dalam pengambilan survei.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan