Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Relawan Ganjar Disebut Lebih Maju Ketimbang PDIP, Satyo Purwanto: Tanda-tanda Itu semakin Terlihat

Relawan Ganjar Disebut Lebih Maju Ketimbang PDIP, Satyo Purwanto: Tanda-tanda Itu semakin Terlihat Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik Satyo Purwanto menyebut Relawan Ganjar sudah lebih maju ketimbang PDIP. Kondisi ini semakin memperuncing hubungan Ganjar Pranowo dan PDIP.

Menurut Satyo, ketidaksukaan PDIP dengan Ganjar Pranowo semakin terlihat dan meruncing usai munculnya relawan Ganjar yang mendahului pilihan capres yang akan diusung oleh partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu.

Baca Juga: Setelah Rakernas "Pro Jokowi" Elektabilitas Ganjar Pranowo Meningkat

Satyo Purwanto mengatakan, fenomena bermunculannya relawan Ganjar hanya akan semakin mempertajam sinisme dan memperkeruh situasi antara PDIP dan Ganjar Pranowo.

Padahal, kata Satyo, PDIP dikenal sebagai partai yang solid dan realistis, artinya tidak akan terburu-buru untuk mengekspos capresnya, apalagi tidak akan mudah untuk PDIP dipengaruhi oleh gegap gempita deklarasi relawan.

"Kini bahkan relawan Ganjar sudah lebih maju ketimbang PDIP, seolah-olah parpol sudah pasti akan mengusung Ganjar Pranowo,dan situasi seperti ini akan jadi persoalan khususnya untuk PDIP atau bagi parpol lainnya," kata Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia’s Democratic Policy, Senin (13/6/2022).

Baca Juga: Mohon Jangan Menyamakan Ganjar Pranowo dan Jokowi, Pengamat: Konsolidasi Level Elite Lemah!

Karena menurutnya, mekanisme partai politik dalam menjaring kandidat umumnya melalui beberapa mekanisme, misalkan melalui konvensi atau penjaringan berjenjang dalam struktur parpol.

"Kondisi terkini semakin mempertajam ketidakcocokan antara Ganjar dan PDIP," katanya.

"Tanda tanda itu semakin terlihat ketika banyak kader-kader PDIP yang sudah secara terbuka menyerang dan mendiskreditkan Ganjar akibat manuver 'main mata' Ganjar dengan para relawannya," tegas Satyo menganalisa hubungan Ganjar dan PDIP yang meruncing ini.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan