Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Warga Indonesia Jadi yang Paling Getol Liburan Setelah Adanya Relaksasi Pariwisata

Warga Indonesia Jadi yang Paling Getol Liburan Setelah Adanya Relaksasi Pariwisata Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Orang Indonesia disebut sebagai yang paling getol liburan setelah adanya relaksasi wisata bila dibandingkan dengan warga-warga lain. Hal itu diungkapkan oleh Vice President Public Policy and Government Relations Traveloka Widya Listyowulan yang mengacu kepada Google Travel Demand, Maret 2022.

"Begitu relaksasi perbatasan dibuka, masyarakat Indonesia ternyata sangat cepat booking hotel dan travelling," ujar Widya dalam webinar, Selasa (14/6).

Baca Juga: Pandemi Bikin Prioritas Wisatawan Bergeser, Kemenparekraf Imbau Pelaku Usaha untuk...

Selain mengacu pada Google Travel Demand, perilaku tersebut juga terlihat pada survei internal Traveloka yang menunjukkan sebagian besar konsumen sudah punya rencana berlibur untuk tiga bulan ke depan.

Adapun destinasi yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan masih berpusat pada wisata domestik, terutama staycation dan wisata alam, dibandingkan dengan destinasi luar negeri. Widya juga mengungkapkan kebersihan, keamanan, dan penerapan pariwisata berkelanjutan merupakan sejumlah aspek yang menjadi prioritas wisatawan dalam menentukan lokasi tujuan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Muhammad Neil El Himam. Mengingat tren perilaku wisatawan sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, Neil mengimbau para pelaku wisata untuk beradaptasi dengan tren-tren tersebut, khususnya terkait kebersihan tempat wisata.

Baca Juga: Anies Sindir Orang Pesimis Soal Formula E, Eh Giring Bercuit Terkait Politisasi Agama!

"Hospitality service harus disempurnakan dengan hygiene, low touch, dan less crowd sebagai solusi untuk menghasilkan pelayanan paripurna," tutur Neil.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan