Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Idul Kurban, Permintaan Hewan Kurban Diproyeksi Naik 13%

Jelang Idul Kurban, Permintaan Hewan Kurban Diproyeksi Naik 13% Kredit Foto: Antara/Didik Suhartono
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pertanian menyatakan di tengah adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku(PMK), kebutuhan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini mengalami peningkatan hingga 13% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga menyatakan meski permintaan meningkat, ketersediaan hewan ternak untuk kebutuhan perayaan Idul Adha tahun ini masih surplus.

Dia menjelaskan ketersediaan hewan kurban per 10 Juni jumlahnya mencapai 2.205.660 ekor yang terdiri atas sapi, kerbau, kambing dan domba. Adapun untuk perkiraan kebutuhan hewan kurban pada tahun ini sebesar 1.814.402 ekor.

“Artinya di tahun ini ada surplus hewan kurban sejumlah 391.258 ekor," ucap dia di Jakarta, kemarin. Menurutnya saat ini untuk ketersediaan sapi jumlahnya mencapai 882.266 ekor. Adapun untuk stok kerbau 27.179 ekor, stok kambing 952.390 ekor dan domba mencapai 403.826 ekor.

Kuntoro mengatakan bagi daerah yang mengalami defisit jumlah hewan kurban, pihaknya akan memenuhinya dari daerah yang surplus dengan proses rekayasa lalu lintas ternak hewan kurban, baik melalui jalur darat satu pulau, maupun jalur laut dan pintu masuk pelabuhan zona hijau PMK.

"Kementan baru-baru ini melakukan perubahan distribusi ternak dari NTT dan NTB dari jalur darat melewati Jatim, menjadi menggunakan tol laut, " pungkasnya.

Baca Juga: Bidik 2 Juta Nasabah, BCA Digital Segera Luncurkan Fitur Pinjaman untuk Segmen Ritel

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: