Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mensos Risma Buka Akses Layanan Kesehatan Bagi Penderita Tumor Langka di Ternate

Mensos Risma Buka Akses Layanan Kesehatan Bagi Penderita Tumor Langka di Ternate Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Sosial Tri Rismaharini telah menekankan pentingnya sikap responsif terhadap berbagai permasalahan sosial yang berkembang di tengah masyarakat. Mensos meminta melalui petugas dan unit pelaksana teknis untuk peka dan cepat memberikan layanan kepada masyarakat yang menghadapi persoalan sosial. 

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Kementerian Sosial RI melalui Sentra Wasana Bahagia Ternate merespon cepat masalah yang dihadapi Kardawi Ngonano. Pria 19 tahun itu viral di media sosial lokal karena menderita tumor langka (Multiple Soft Tissue Tumor). 

Baca Juga: PSI Bersyukur Jokowi Angkat Raja Juli Antoni, Giring Ganesha: Sosok Cerdas dan Berintegritas!

Kepala Sentra Wasana Bahagia Ternate Udan Suheli menyatakan, pihaknya telah menurunkan tim sentra untuk mengasesmen Kardawi. Dalam asesmen yang dilakukan sentra, warga Desa Limau, Kecamatan Galela Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, itu diketahui telah kehilangan orangtuanya.  

Setelah ibunya meninggal dunia, ayahnya memilih berkeluarga lagi dan tidak berinteraksi lagi. Kardawi mendapat asuhan dan tinggal bersama dua lansia yakni kakeknya Nurdin Nongano (81) dan neneknya. 

Keterbatasan ekonomi membuat penyakit Kardawi tidak bisa diobati dengan baik. Mereka juga tidak bisa tidak mampu mengakses ke fasilitas kesehatan dikarenakan kartu BPJS dinyatakan tidak aktif. Petugas Sentra Wasana Bahagia membantu Kardawi membuka akses terhadap layanan kesehatan. 

“Kartu BPJS Kadawi yang tidak aktif telah kami bantu menjadi aktifkan lagi. Sentra juga telah membantu Kardawi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lanjutan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate,” kata Udan dalam keterangannya Rabu (15/6/2022). 

Baca Juga: Reshuffle Masukan Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahyanto ke Kabinet, Jokowi Beberkan Alasannya!

Pengobatan tumor terus berlangsung. Sebelumnya pada 25 Mei lalu Sentra merujuk Kardawi ke RSUD Tobelo Kab. Halmahera Utara. Kemudian 9 Juni Kardawi dirujuk ke RSUD Chasan Boesoerie Ternate dengan pendampingan petugas Sentra.  

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan