Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Maudy Ayunda Ajak Generasi Muda untuk Jaga dan Selamatkan Bumi

Maudy Ayunda Ajak Generasi Muda untuk Jaga dan Selamatkan Bumi Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia, Maudy Ayunda, menyampaikan tentang peran penting generasi muda untuk menyelamatkan Bumi. Melalui gelaran Forum Youth 20 (Y20), yang menjadi rangkaian dari Presidensi G20 2022, Indonesia menegaskan komitmennya merangkul generasi muda untuk ikut menjaga kelestarian bumi. 

Tujuannya, planet bumi akan menjadi tempat yang semakin layak huni dan berkelanjutan di masa mendatang. 

Baca Juga: Kondisi Geopolitik Jadi Risiko yang Dihadapi Presidensi G20, Menggeser Pandemi Sebagai Tema Utamanya

"Kelompok anak muda adalah yang akan mewarisi planet bumi di masa depan. Penting untuk merangkul mereka dalam upaya menjaga bumi yang tercermin dalam salah satu isu prioritas KTT G20 Indonesia 2022," kata Tim Juru Bicara G20, Maudy Ayunda di Istana Negara, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Kaum muda Indonesia dikatakannya perlu berkontribusi secara aktif dalam mewariskan kondisi bumi yang lebih baik untuk generasi selanjutnya. Pemuda, mereka yang lahir rentang tahun 1981 hingga 2012, ungkap Maudy, berdasarkan survei penduduk 2020, tercatat mencapai 144,87 juta jiwa atau setara dengan 53,81 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.  

"Jumlah mereka tidak sedikit. Sehingga penting bagi mereka untuk mengambil peran," kata Maudy. 

Baca Juga: Maudy Ayunda: Indonesia Mengajak Anggota G20 Perkuat Gotong Royong untuk Pulihkan Pendidikan

Beberapa hal yang perlu dilakukan pemuda adalah, mengurangi kerusakan dengan menekan emisi gas rumah kaca, mengurangi konsumsi dan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan, mengurangi sampah dengan cara mendaur ulang, menanam pohon dengan masif, melaporkan deforestasi, mendukung transisi energi bersih, menyuarakan dorongan swasta agar mengikuti rantai pasok yang berkelanjutan, dan melakukan kreasi inovasi teknologi yang relevan. 

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan