Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Grow to Greatness: Konsep Unik Graduation Kelas 6 Sekolah Dasar Regina Caeli

Grow to Greatness: Konsep Unik Graduation Kelas 6 Sekolah Dasar Regina Caeli Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tanggal 17 Juni bertepatan dengan graduation kelas 6 SD di Regina Caeli yang beralamat di Metland Transyogi, Cileungsi, Kabupaten Bogor. Acara tersebut mengusung tema ‘Grow to Greatness’.

"Harapannya bisa menginspirasi para siswa-siswi untuk tumbuh mencapai tujuan dengan belajar, bekerja keras, pushing their limits and impactful to others and leading future,” Ujar Ms. Yerine Alwir selaku Kepala Sekolah Dasar Regina Caeli.

Baca Juga: Kemendikbudristek Ajak Pemangku Kebijakan Tertinggi Pulihkan Pendidikan dalam Negeri

Sementara konsep yang diusung dari sekolah dan panitia graduation ini mengambil konsep sustainable development goals (SDGs) yang artinya bisa mencapai tujuan mereka sendiri dan mereka menghormati nilai-nilai kehidupan.

Peran anak muda, terutama anak-anak Sekolah Regina Caeli sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam proses pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Selain merancangkan apa yang menjadi cita-cita anak sekolah Regina Caeli, Graduation kali ini pun mendukung Program SDGs membutuhkan peran dari generasi anak-anak muda. Mereka inilah yang nantinya akan menjadi motor penggerak dari program pembangunan berkelanjutan itu,” Lanjut Ms Yerine Alwir.

Program SDGs setidaknya memiliki 17 tujuan. Di antaranya tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi tercukupi, serta pekerjaan layak bagi masyarakat.

Selain itu, ada pula konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem lanjutan, ekosistem daratan, perdamaian dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

“Semua harus terlibat dalam mendukung kegiatan ini. Mengapa kami juga fokus kepada anak sekolah? Karena peran generasi muda sangat penting mengingat jumlahnya cukup besar di negeri ini, yakni mencapai 40 persen dari total penduduk,” Ujarnya.

Generasi muda sangat penting bagi pembangunan, karena anak muda jaringannya luas, kreatif, inovatif. Selain itu, di masa depan generasi muda merupakan aset sekaligus risiko.

“Masa depan dunia bergantung pada kita. Jika positif kita menjadi aset, sedang kalau negatif akan menjadi risiko. Oleh karenanya ayo jadilah generasi muda yang bermanfaat,” ajaknya.

SDGs adalah agenda yang dekat dengan masyarakat. Generasi muda pun dapat melakukan tindakan yang mendukung SDGs, mulai dari cara yang sederhana. Misalnya, mematikan lampu saat hendak tidur, menghindari penggunaan plastik, tidak membuang-buang makanan, menanam pohon dan sebagainya.

“Jadi kalau ditanya kontribusi kita pada SDGs itu apa, jangan mikir terlalu jauh ke depan, untuk mendukung SDGs bisa dilakukan dalam kehidupan kita sehari-hari,” tandasnya.

Sekolah dan Panitia berharap dengan kelulusan anak-anak sekolah Regina Caeli tahun 2021/2022 ini anak-anak menjadi agen inovasi yang memberikan kontribusi penting dan signifikan untuk menerapkan konsep-konsep pembangunan berkelanjutan yang aplikatif dari sekarang dan bisa menjadi inspirasi untuk adik-adik mereka. Ujar Ms Yerine Alwir sambil menutup pembicaraan.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel:

Video Pilihan