Sambut Ultah DKI Ke-495, Tokopedia Dorong Pengembangan UMKM Lokal
Dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke-495, Tokopedia gencar memberikan panggung bagi UMKM lokal, khususnya UMKM DKI Jakarta. Misalnya, melalui peluncuran toko JakArtisan bersama Dekranasda DKI Jakarta, pelatihan UMKM Kelas Maju Digital, hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play.
"Tokopedia terus menyediakan panggung bagi UMKM DKI Jakarta," ujar Astri Wahyuni, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, dalam keterangan tertulis, Rabu (22/6).
Antusiasme masyarakat dalam mendukung produk UMKM DKI Jakarta sangat tinggi. Hal ini tercermin pada lonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal berlangsung di Tokopedia Play yang mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal II 2022 dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di 2021.
Baca Juga: Tokopedia Jadi Platform Pemasaran Resmi Produk Kolaborasi Brand Lokal Cottonology dan Pokémon
Di antara contoh UMKM lokal binaan Dekranasda DKI Jakarta, Dakara Indonesia dan Sancraft merupakan dua UMKM yang memanfaatkan Tokopedia untuk memulai dan membangun bisnis.
Dakara Indonesia merupakan UMKM yang bergerak pada bidang tenun modern guna membuat tenun yang bisa diterima semua kalangan, termasuk anak muda. Seluruh bahan busana bertema etnik yang digunakan Dakara Indonesia menggunakan bahan tenun ikat dan lurik.
“Kami mulai berjualan di Tokopedia di awal pandemi karena toko offline harus tutup. Saya juga mengajak ibu-ibu yang tinggal di rumah susun untuk membuat masker, tas pinggang, obi dan lain-lainnya. Sedangkan kami menggandeng penjahit rumahan untuk memproduksi outer, blouse, celana hingga tunik bersama Dakara agar mereka bisa tetap menjaga ekonomi keluarga," ungkap Ayu Purnama, pemilik Dakara Indonesia.
Menurut Ayu, Dakara Indonesia rutin mengikuti berbagai kampanye, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest dan Women in Style di Tokopedia. Omzet Dakara Indonesia 90% berasal dari Tokopedia.
Di sisi lain, UMKM garapan Sanjung Sari Pursie, yaitu Sancraft, mulai bergabung di Tokopedia pada 2020. Usahanya dimulai setelah dirinya mendapat respons positif dari rekannya saat menghasilkan totebag dengan ilustrasi buatan sendiri, yang terinspirasi dari karya seniman-seniman di Jalan Malioboro, Yogyakarta.
Kini berbagai ikon khas Jakarta, seperti ondel-ondel, bajaj, bis kota hingga tari jaipong, juga menjadi ilustrasi pada produk Sancraft. “Seiring berjalannya bisnis, kami pun terus melakukan inovasi, salah satunya dengan memproduksi jenis produk baru, seperti gantungan kunci dan notes,” ujar Sanjung.
Pandemi menjadi tantangan Sanjung dalam berbisnis karena omzet dari gerai offline turun drastis hingga 50%. "Bergabung dengan Tokopedia membuat kami berhasil bertahan di tengah pandemi bahkan mampu menjaring lebih banyak pelanggan dari seluruh penjuru Indonesia," tutup dia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: