Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengaruhi Profitabilitas Penambangan Bitcoin, Kini Kondisi Pasar Kian Memburuk

Pengaruhi Profitabilitas Penambangan Bitcoin, Kini Kondisi Pasar Kian Memburuk Kredit Foto: Unsplash/André François McKenzie
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pasar cryptocurrency memasuki fase sell-off pada minggu pertama Juni, melihat rute pasar yang luas dengan mayoritas cryptocurrency jatuh ke level terendah selama 4 tahun.

Melansir dari Cointelegraph, Kamis (23/6/2022), kondisi pasar yang memburuk juga mempengaruhi profitabilitas penambangan Bitcoin (BTC) secara negatif, memaksa para penambang untuk melikuidasi kepemilikan BTC mereka.

Data baru dari penelitian Arcane menunjukkan bahwa perusahaan pertambangan Bitcoin publik menjual 100% dari produksi BTC mereka pada bulan Mei dibandingkan dengan 20-40% sebelumnya.

Baca Juga: The Fed Belum Buat Keputusan, Bitcoin Habis-habisan Tahan Kerugian

Dalam empat bulan pertama tahun 2022, perusahaan pertambangan BTC publik menjual 30% dari produksi yang ditambang, yang meningkat 3X kali lipat pada Mei dan diperkirakan akan meningkat lebih jauh lagi pada Juni.

Sementara penambang BTC publik hanya menghasilkan hingga 20% dari total hashrate jaringan, perilaku mereka sering kali mencerminkan sentimen penambang pribadi juga.

Penambang secara kolektif memegang 800.000 BTC, menjadikannya salah satu paus terbesar di pasar. Dari jumlah tersebut, penambang publik memegang 46.000 BTC dan aksi jual mereka dapat mendorong harga lebih jauh ke bawah.

Kondisi ini semakin memburuk di bulan Juni dengan harga Bitcoin jatuh di bawah level tertinggi tahun 2017 sebesar 20.000 dolar dan mencatat level terendah baru dalam 4 tahun sebesar 17.783 dolar.

Aliran penambang ke pertukaran, metrik data yang menunjukkan volume BTC yang dikirim oleh penambang ke bursa telah mencapai level tertinggi baru pada bulan Juni, mencapai level yang tidak terlihat sejak Januari 2021.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, rasio aliran pertukaran terhadap penambang BTC telah mencapai level tertinggi baru dalam 7 bulan ketika harga BTC turun di bawah 21.000 dolar. Penurunan harga BTC juga membuat banyak mesin penambangan tidak menguntungkan, memaksa para penambang untuk meninggalkan pasar kripto.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan