Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sejarawan Sebut Anies Baswedan Durhaka Jika Tidak Lakukan Ini

Sejarawan Sebut Anies Baswedan Durhaka Jika Tidak Lakukan Ini Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejarawan JJ Rizal menilai seharusnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima usulan terkait perubahan nama Jakarta International Stadium (JIS) menjadi Stadion MH Thamrin.

Menurut JJ Rizal, jika nama JIS tak diubah jadi Stadion MH Thamrin, ia menganggap Anies telah keterlaluan. 

Baca Juga: Pakar Kebijakan Publik Sebut Kebijakan Anies Banyak yang Untungkan Warga

Hal ini dikatakan oleh JJ Rizal yang juga menginisiasi petisi mengganti nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin kepada wartawan pada, Kamis (23/6/2022).

"Menurut kami (usulan) ini harus diterima, kebangetan kalau enggak diterima, durhaka sama sejarah Jakarta dan Indonesia," katanya.

"Kenapa MH Thamrin? Karena dia bukan hanya pahlawan nasional, beliau putra Betawi dan dia juga pahlawan sepakbola," ujarnya.

Menurut JJ Rizal, JIS hanyalah predikat dari proyek tersebut. Proyeknya adalah stadion, lokasinya di Jakarta, dan berkelas internasional. Secara keseluruhan, nama predikatnya dalam bahasa inggris menjadi Jakarta International Stadium.

"Kami yang membuat petisi menganggap bahwa stadion yang megah yang dibangun itu oleh pak Anies itu belum punya nama, JIS itu hanya predikat proyek," ujarnya.

Nama MH Thamrin disebutnya paling cocok menjadi nama stadion ini. Karena, kata JJ Rizal, MH Thamrin sudah sangat berjasa dalam memajukan sepakbola di Jakarta.

Mulai dari menyisihkan uang sebesar 2.000 gulden, membawa tim Jakarta menang melawan Belanda, hingga mengagas pendirian Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Ia juga menyebut banyak pahlawan sebenarnya yang juga sangat menyukai sepakbola. Namun, sosok yang memiliki visi dalam mengembangkannya adalah MH Thamrin.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Minggir Dulu, Gibran Rakabuming Yang Akan Disiapkan PDIP Jadi Penerus Jokowi

"Di antara para pahlawan dan tokoh bangsa enggak ada yang punya visi persepakbolaan sekaligus gila bola, hanya MH Thamrin saja," ucapnya.

"Berkat MH Thamrin, Jakarta jadi ibu kota sepakbola kebanggaan Indonesia. Makanya kebangetan kalau (usulan) enggak diterima," tambahnya memungkasi.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan