Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN UIP JBT Berikan Pelatihan Pemasaran dan Pengemasan Bagi Produsen Opak Kabupaten Sumedang

PLN UIP JBT Berikan Pelatihan Pemasaran dan Pengemasan Bagi Produsen Opak Kabupaten Sumedang Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Sumedang -

PT PLN (Persero) berkomitmen untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai upaya dalam mendukung serta membangun perekonomian nasional. 

Melalui salah satu unitnya, yaitu PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah (UIP JBT) bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) senilai Rp45 Juta disalurkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Karedok, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang yang berada di wilayah pembangunan proyek PLTA Jatigede berkapasitas 2x55 MW.

Baca Juga: Riset LPEI: PLN Jadi Penggerak Ekspor Indonesia

"Bentuk bantuan yang diberikan berupa pelatihan pemasaran dan pengemasan opak, manajemen usaha, hingga peralatan untuk pengemasannya," kata General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS kepada wartawan di Kabupaten Sumedang, Jumat (24/6/2022).

Bantuan ini menjadi bantuan TJSL kedua yang diberikan PLN melalui program PLN Peduli kepada Desa Karedok. Sebelumnya, pada tahun 2021 PLN juga telah memberikan bantuan kepada UMKM Opak Mekarsari berupa peralatan produksi opak. Hasilnya, UMKM Opak Mekarsari kini telah berhasil meningkatkan jumlah serta kualitas produksinya dan menjadi mitra binaan PLN. 

Melihat keberhasilan tersebut, tim TJSL PLN UIP JBT semakin yakin dengan potensi penjualan opak oleh kelompok usaha di Desa Karedok. Melalui pemantauan serta evaluasi yang cukup, bantuan pengembangan UMKM opak yang kedua kembali diberikan.

Baca Juga: Optimalkan Peran Posyandu Atasi Stunting, PKT Gelar Pelatihan PMBA dan Antropometri

"Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta yang merupakan warga Desa Karedok sekaligus anggota BUMDes. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari mulai dari 20 Juni hingga 24 Juni di Balai Desa Karedok," ungkapnya.

Sementara itu, narasumber dalam pelatihan tersebut adalah kelompok UMKM Bringkka Sejahtera yang juga merupakan UMKM Binaan PLN UIP JBT yang kini telah berhasil mandiri. Dalam kesempatan tersebut, mereka dilatih cara pengemasan opak menggunakan mesin sealer. Setelah itu mereka juga dilatih cara pemasaran produk opak yang kini diberi merek Pada Jaya. 

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan