Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PT KAI Akan Kembali Operasikan Jalur Kereta Api Sawahlunto-Muaro Kalaban Sumbar

PT KAI Akan Kembali Operasikan Jalur Kereta Api Sawahlunto-Muaro Kalaban Sumbar Kredit Foto: KAI
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan kolaborasi dengan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengoperasikan kembali kereta api lintas Sawahlunto-Muoro Kalaban, Sumatera Barat.

Kolaborasi ini ditandai dengan menandatangani Perjanjian tentang Kerja Sama (PKS) Sponsorship. Adapun keempat BUMN yang berkolaborasi adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). 

Melalui PKS ini, keempat BUMN akan mewujudkan pengoperasian kembali jalur kereta api lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban di Sumatera Barat yang sudah tidak beroperasi. Jalur sepanjang 4 Km tersebut nantinya akan melayani Kereta Wisata yang akan ditarik oleh Lokomotif Uap E1060 atau lebih dikenal dengan sebutan Mak Itam.

Baca Juga: PT KAI Perkenalkan Wajah Baru Stasiun Pondok Ranji Guna Peningkatan Pelayanan

Pengoperasian kembali jalur dan kereta api wisata tersebut merupakan dorongan dari Kementerian BUMN sebagai salah satu upaya BUMN untuk mendukung percepatan pemulihan perekonomian Sumatera Barat di sektor pariwisata.

Pengoperasian jalur ini juga merupakan program dari Pemerintah Kota Sawahlunto guna mendukung Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO sejak 6 Juli 2019. 

Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto mengatakan, BUMN memiliki dua peran, yaitu Creating Value dan Agent of Development. Kerja sama keempat BUMN tersebut adalah perwujudan dari peran Agent of Development.

"Kami dari Kementerian BUMN mengucapkan terima kasih, kerja sama ini merupakan salah satu core value BUMN yaitu kolaboratif, wujud dari apa yang terus didengungkan oleh Pak Menteri dan tentunya tadi yang saya katakan karena kita tidak hanya mencari keuntungan tetapi membantu daerah, khususnya daerah Sumatera Barat dalam mengembalikan beroperasinya kereta api," ujar Susyanto dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (24/6/2022).

Sementara itu, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan KAI didukung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, bersama-sama dengan BUMN lainnya akan mengoperasikan kembali Kereta Wisata pada lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban.

"Pengoperasian ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian Sumatera Barat melalui sektor pariwisata di lokasi yang penuh sejarah tersebut," ujar Didiek.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

Video Pilihan