Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Sumbagut Edukasi Pegawai Kecamatan, Kelurahan, dan Desa di Kabupaten Deli Serdang

OJK Sumbagut Edukasi Pegawai Kecamatan, Kelurahan, dan Desa di Kabupaten Deli Serdang Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara menggelar Edukasi Keuangan kepada lebih dari 100 orang pegawai kantor kecamatan, kelurahan, dan desa di Deli Serdang dengan mengangkat tema "Pengenalan Akses Keuangan Daerah dan Pengelolaan Keuangan".

Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Yusup Ansori, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan informasi akses keuangan kepada peserta serta cara mengelola keuangan pribadi.

Baca Juga: Cegah Tindak Pidana Korupsi, Ini yang Dilakukan OJK

"Kami berharap tingkat literasi keuangan di masyarakat Sumut makin meningkat sehingga dapat makin baik dalam memilih produk dan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan," jelas Yusup, Jumat (24/6/2022).

Raya Theresia selaku Analis Edukasi dan Perlindungan Konsumen mengatakan bahwa pihaknya harus secara cermat merencanakan keuangan agar mampu mapan secara finansial.

"Selain itu, sebelum membeli produk keuangan seperti tabungan, investasi, atau asuransi, kita harus teliti memahami perjanjian agar mampu mengerti hak dan kewajiban kita sebagai konsumen," ujarnya.

Sry Ekayani selaku perwakilan dari Pemkab Deli Serdang memberikan apresiasi kepada OJK Regional 5 Sumbagut atas pelaksanaan acara edukasi keuangan ini.

"Harapan kami kepada OJK khususnya terkait program TPAKD untuk mempercepat akses keuangan di masyarakat Deli Serdang. Semoga ke depannya TPAKD dapat mengoptimalkan program KUR Klaster serta program One Village One Agent, yaitu hadirnya agen Laku Pandai di setiap desa," ucap Eka.

Pada kesempatan ini, OJK juga melakukan survei literasi keuangan kepada peserta kegiatan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman masyarakat terhadap berbagai produk dan jasa keuangan. Harapannya, hasil survei literasi dan inklusi keuangan di Sumatera Utara mampu meningkat dibandingkan hasil survei periode sebelumnya.

Selain itu, peserta juga diberikan edukasi mengenai perencanaan keuangan dan pemahaman atas perjanjian produk keuangan.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan