Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penjelasan Lengkap Mengenai Absensi Mobile Beserta dengan Keunggulan dan Fiturnya

Penjelasan Lengkap Mengenai Absensi Mobile Beserta dengan Keunggulan dan Fiturnya Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penjelasan Lengkap Mengenai Absensi Mobile Beserta dengan Keunggulan dan Fiturnya

Absensi mobile merupakan bukti bahwa kemajuan teknologi berkembang sangat pesat hingga dapat menghadirkan produk yang mendukung administrasi perkantoran. Kehadiran karyawan sangat penting bagi perusahaan guna menilai kinerja karyawan sehingga ini menjadi bahan pertimbangan pemberian upah atau bonus kepada karyawan.

Teknologi absensi mobile ini terkenal di kalangan masyarakat luas saat terjadinya fenomena work from home (WFH) akibat adanya wabah Covid-19 yang menyebar ke seluruh dunia. Dengan work from home ini memaksa perusahaan untuk beralih dari menggunakan absensi manual ke absensi mobile.

Baca Juga: Pemanfaatan Mobile Apps untuk Pembangunan Komunitas Guna Mendorong Penurunan Emisi Karbon

Pengertian Absensi Mobile

Absensi mobile mengacu pada software untuk mencatat kehadiran karyawan dengan sistem cloud yang terintegrasi dengan database secara real-time. Dengan sistem cloud ini akan secara otomatis menyimpan data absensi karyawan tanpa perlu adanya rekapitulasi data. Absensi mobile dengan sistem cloud ini juga dapat melakukan pelacakan lokasi karyawan dan dapat mengenali wajah karyawan sehingga karyawan tidak dapat melakukan kecurangan dalam perihal absensi mobile.

Data dari absensi mobile dapat dilihat kapanpun dan di mana pun asalkan karyawan maupun HRD terkoneksi dengan jaringan internet. Sangat jelas terlihat bahwa absensi online ini sangat membantu pekerjaan HRD karena dengan aplikasi ini divisi HRD dapat mengakses data absen karyawannya dengan perangkat apapun. Aplikasi ini juga menguntungkan bagi karyawan karena sistem ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan cuti secara online.

Keunggulan Absensi Mobile untuk Perusahaan

Dengan kemajuan teknologi dan perubahan zaman, tentu menawarkan banyak teknologi baru yang akan memudahkan pekerjaan manusia, seperti software absensi mobile ini. Apabila Anda sudah membaca perbedaan dari absensi mobile dengan manual, tentu absensi manual terlihat sangat merepotkan untuk perusahaan.

Baca Juga: Seberapa Pentingnya Penggunaan Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web dan Mobile?

Dengan biaya yang lebih mahal dan perawatan yang lebih rumit, serta pendataan ulang yang memakan waktu banyak. Menjadikan perusahaan saat ini lebih memilih untuk menggunakan absensi mobile yang memiliki banyak keunggulan seperti:

1. Mengurangi Potensi Kecurangan

Kecurangan absensi yang sering didengar adalah istilah "tipsen" atau titip absen. Ini merujuk pada seorang yang tidak hadir namun meminta rekannya untuk menginput data atas nama dirinya agar terlihat hadir di tempat. Karyawan yang curang biasanya menggunakan mesin scanner maupun foto.

Kemudian hasil gambar tersebut dibalik serta ditingkat kontrasnya agar dapat dibaca oleh sistem. Selanjutnya, pelaku akan mencetaknya menyerupai ukuran jari sebenarnya.

Halaman:

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan