Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kendalikan Inflasi, BI Sumut Susun Formasi Kebijakan

Kendalikan Inflasi, BI Sumut Susun Formasi Kebijakan Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus berkoordinasi guna mengevaluasi perkembangan perekonomian Sumut triwulan I-2022 serta menyusun formulasi kebijakan yang tepat dalam upaya mengendalikan inflasi dan memacu laju pertumbuhan ekonomi.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Ibrahim mengatakan beberapa fokus program telah ditetapkan dalam rangka mendukung akselerasi ekonomi dan pengendalian inflasi di Sumut di tengah tantangan yang terus berlanjut.

Baca Juga: BI Sumut Selenggarakan Kick Off Klaster Padi di Kabupaten Sergai

"Kita fokus di delapan program pengendalian inflasi dan akselerasi ekonomi Sumut yakni yang pertama meningkatkan produktivitas hortikultura dan perkebunan dengan pembelian bibit dan sarana produksi. Kedua meningkatkan produksi peternakan dengan penambahan luas peternakan," katanya, Senin (27/6/2022).

Ketiga, meningkatkan saprodi pertanian dengan pengembangan produksi pupuk organik dan prasarana pertanian. Keempat, meningkatkan IKM melalui fasilitasi sarana dan prasarana produksi serta bantuan pemasaran atau optimalisasi penggunaan produk di instansi pemerintah.

Baca Juga: Ketiga Kalinya, BI Sumut Gelar Sumatranomics 2022

"Kelima, meningkatkan ekonomi digital dengan fasilitasi kurasi UMKM masuk ke e-commerce dan peningkatan e-catalog lokal untuk optimalisasi. Keenam, meningkatkan pembiayaan UMKM melalui peningkatan akses KUR, akses asuransi, serta pendirian PT Jamkrida Sumut," ujarnya.

Ketujuh, meningkatkan industri pariwisata melalui promosi wisata Sumatera Utara. Dan kedelapan, meningkatkan ekspor melalui pelatihan UMKM/IKM untuk Go Ekspor.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan