Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berkah Perkembangan Teknologi, Dompet Digital Permudah Transaksi

Berkah Perkembangan Teknologi, Dompet Digital Permudah Transaksi Kredit Foto: Unplash/Campaign Creators
Warta Ekonomi, Magetan -

Perkembangan teknologi informasi di dunia terus berkembang secara masif. Pengguna internet di Indonesia saja saat ini sudah mencapai 204,7 juta. Perubahan gaya hidup menjadi serba digital menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam melakukan berbagai aktivitas.

Kemudian masyarakat semakin nyaman dan percaya dalam melakukan aktivitas keuangan digital yang selama ini dianggap berisiko tinggi. Menurut data markplus 2020, peningkatan nilai transaksi digital semenjak PSBB meningkat 64 persen.

Baca Juga: Manfaatkan Teknologi, Budaya Digital Jadi Penguatan Karakter Manusia Modern

Dompet digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online. Tanpa kartu dan tanpa uang tunai, pengguna tinggal bawa smartphone. Edukasi mengenai penggunaan dompet tetap harus digencarkan. Ada beberapa sektor masih beralih dari keuangan konvensional.

“Mungkin karena ilmunya saja kurang paham. Kalau paham pasti merasa lebih menyenangkan, karena penarikan uangnya juga mudah. Kita harus terus edukasi,” kata Pengusaha, Digital Trainer, Graphologist, Diana Aletheia saat Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk Kelompok Masyarakat Wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu (25/6).

Beberapa pedagang konvensional di pasar belum menggunakan dompet digital. Menurut dia, mereka belum beralih karena belum paham mengenai kepraktisannya. Mereka masih berpikir akan kesulitan mengambil uang hasil penjualan, padahal mereka harus segera belanja lagi.

Di sisi lain, sekarang hampir semua transaksi sudah menggunakan dompet digital. Beberapa event besar di Jakarta, seperti Java Jazz dan pameran, tidak menerima uang tunai. “Warung indomie dekat rumah saya saja sudah bisa bayar pakai ovo/gopay, begitu jugatukang nasi goreng. Itu karena mereka sadar gampang,” kata Diana.

Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning yang juga menjadi UMKM Investor, Andry Hamida mengatakan, masyarakat harus teliti memilih aplikasi untuk aktivitas keuangan digital. Aplikasi keuangan digital yang valid, terpercaya, sudah diakui, dan legal tentu memberikan rasa aman.

“Kalau yang legal, mereka akan bertanggung jawab dengan data yang dipegang. Kita pernah mendengar data salah satu aplikasi bocor, mereka bertanggung jawab dengan ganti rugi atau minimal melaporkannyam,” kata Andry.

Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk Kelompok Masyarakat Wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Siber Kreasi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety, dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Baca Juga: Sodorkan Duet Anies dan Puan, NasDem Inginkan Perubahan, Pengamat: Semoga Presiden Jokowi Sadar...

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya. Paparan Pengusaha, Digital Trainer, Graphologist, Diana Aletheia menjadi pembuka webinar, dilanjutkan penyampaian materi oleh Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning - UMKM Investor, Andry Hamida. Diskusi ditutup CEO and Founder of Coffee Meets Stocks, Theo Derick.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan