Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jakarta Berpotensi Diguncang Gempa Sesar Baribis, Wagub Ariza: Kami Siapkan Simulasi Penanganan

Jakarta Berpotensi Diguncang Gempa Sesar Baribis, Wagub Ariza: Kami Siapkan Simulasi Penanganan Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Masyarakat digemparkan dengan informasi tentang gempa besar Sesar Baribis yang berpotensi mengguncang Jakarta. Hal menjadi sangat nyata tatkala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membenarkan informasi tersebut.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan bahwa gempar yang memiliki mengguncang bagian selatan Jakarta dengan nama Sesar Baribis. Daryono juga mengimbau sejumlah pihak untuk segera memberikan edukasi serta pelatihan mitigasi bencana guna meminimalisasi dampak dari guncangan yang dihasilkan.

Menanggapi potensi terjadinya gempa Sesar Baribis, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memaparkan bahwa hal tersebut bisa saja terjadi mengingat letak geografis Indonesia memiliki potensi kebencanaan.

Baca Juga: Hidupkan Kembali Kota Sastra Dunia, Pemprov DKI Gelar Program Baca Jakarta

"Memang inikan kita tahu, Indonesia ini memang negara yang punya potensi kebencanaan. Itu menjadi perhatian kita semua," kata Riza saat diwawancarai Warta Ekonomi, Selasa (28/6/2022).

Riza mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan beberapa upaya mitigasi kebencanaan guna memperkecil dampak kerusakan seandainya gempa tersebut terjadi.

"Upaya dari Pemprov, kita terus mengupayakan berbagai dukungan regulasi terkait antisipasi pencegahan dan pengendaliannya, termasuk sedang disiapkan simulator untuk pelatihan terhadap bencana," kata dia.

Baca Juga: Teriakan Taliban Minta Bantuan Internasional demi Hadapi Dampak Gempa Bumi Afghanistan: Kita Butuh Bantuan Medis!

Selain itu, Riza memaparkan bahwa pihaknya juga akan segera melakukan sosialisasi mengenai Sesar Baribis disejumlah titik di wilayahnya. Selain itu, kata Riza, pihaknya juga akan segera menggelar simulasi penanganan bencana di banyak tempat di DKI Jakarta.

"Kita akan lakukan sosialisasi di banyak tempat. Sosialisasi dan simulasi," katanya.

Sebagaimana diketahui, Sesar Baribis adalah gempa bumi yang membentang sejauh 25 kilometer. Gempa ini juga disebut sebagai sesar terpanjang di Pulau Jawa. Sementara itu, keberadaan Sesar Baribis juga dikaitkan dengan gempa Megathrust dengan magnitudo 8,7 yang diperkirakan akan terjadi di wilayah selatan Jakarta.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan