Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiga Tokoh Ini Berpeluang Besar Jadi Capres 2024, Begini Penjelasan M. Qodari

Tiga Tokoh Ini Berpeluang Besar Jadi Capres 2024, Begini Penjelasan M. Qodari Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menyebutkan tiga nama yang berpeluang besar masuk dalam bursa capres 2024.

Mereka ialah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Qodari menyebutkan ada dua variabel yang menentukan konstelasi Calon Presiden (Capres) 2024.

Baca Juga: Sosok Capres-Cawapres Dukungan KIB Mulai Terkuak, Pengamat: Kalkulasi Politik Lebih ke Airlangga-Zulhas

"Pertama, kursi partai politik dan elektabilitas calon," katanya.

Ia menjelaskan, dari 9 partai yang ada di DPR RI saat ini, hanya 3 partai yang berpotensi menentukan calon presiden, yaitu PDIP (128 kursi), Golkar (85 kursi), dan Gerindra (78 kursi).

"Mereka ini partai besar, cukup berkoalisi dengan satu partai menengah saja bisa memajukan pasangan calon, bahkan PDIP bisa maju sendiri," kata Qodari kepada GenPI.co, Senin (27/6).

Qodari memprediksi, partai akan tertarik dengan calon yang memiliki peluang menang besar. "Hasil survei capres nama-nama paling populer itu ada 3 nama, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan," ucapnya.

Kedua, partai akan tertarik dengan capres papan atas karena dapat menghasilkan efek pada organisasi. Jika partai mendukung capres dengan survei tertinggi, suaranya akan ikut meningkat.

"Jelang pemilu 2024 ini figur itu (dari PKS, red) ada pada Anies Baswedan karena survei menunjukkan bahwa pemilihan capres PKS per hari ini ada di Anies Baswedan," pungkas Qodari.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan