Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Digitalisasi Budaya, Mari Tunjukan Keindahan Indonesia Lewat Dunia Digital!

Digitalisasi Budaya, Mari Tunjukan Keindahan Indonesia Lewat Dunia Digital! Kredit Foto: Unsplash/JESHOOTS.COM
Warta Ekonomi, Magetan -

Perkembangan teknologi membuat dunia digital menjadi dunia kedua bagi setiap orang. Hal tersebut membuat jati diri dalam ruang budaya digital tidak berbeda dengan budaya non-digital.

Digitalisasi budaya memungkinkan setiap mendokumentasikan kekayaan budaya. Digitalisasi budaya dapat menjadi peluang untuk mewujudkan kreativitas.

Baca Juga: Masyarakat Digital Senang Mengekspresikan Diri, Jangan Kebablasan Unggah Data Pribadi!

“Ketika memakai medsos, Anda harus bangga dengan daerah anda. Promosikan daerah Anda sehingga kelebihan-kelebihan daerah Anda diketahui dunia, seperti pariwisata hingga produk-produk UMKM,” kata Dekan FIKOM UNITOMO, Dr. Harliantara, M.Si saat Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk Kelompok Masyarakat Wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (26/6).

Jika semua pengguna media sosial mempromosikan daerahnya, lanjut dia, akan terjadi koneksi dari Sabang hingga Marauke. Konektivitas ini penting untuk menunjukkan siapa Indonesia kepada dunia.

“Tujukan kepada dunia bahwa kita mencintai negeri sendiri. Kemudian ketika kita merespon hal-hal yang berhubungan dengan bangsa, feedback harus positif,” ujar Harliantara.

Baca Juga: Outlet Ditutup, Nikita Mirzani Ungkit Nasib Pegawai Holywings, Tokoh Ini Sebut Akibat Menista Agama!

Di sisi lain, kebebasan berekspresi yang kebablasan menjadi tantangan sendiri di dunia digital. Pengguna media sosial kerap tidak menyadari apa yang disampaikan di dunia digital akan berpengaruhi terhadap orang lain.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan