Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Adanya Kebijakan EGD, Kolombia & Indonesia Jajaki Kepentingan Bersama untuk Sawit

Adanya Kebijakan EGD, Kolombia & Indonesia Jajaki Kepentingan Bersama untuk Sawit Kredit Foto: Antara/Akbar Tado
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat ini, negara-negara di Uni Eropa tengah menyiapkan kebijakan lingkungan European Green Deal (EGD) dalam upaya menghadapi perubahan lingkungan. Dalam kebijakan tersebut, negara-negara Uni Eropa merencanakan di tahun 2050 sudah mencapai net zero emission

Melansir laman InfoSAWIT pada Rabu (29/6), dengan rencana kebijakan tersebut beberapa negara yang memiliki kepentingan di pasar Eropa akan terancam. Terlebih negara yang memiliki kepentingan perdagangan komoditas seperti kelapa sawit yang diyakini akan terpengaruh dengan kebijakan tersebut.

Baca Juga: Lagi, Cangkang Sawit di Ekspor ke Jepang!

Melalui EU Forest Strategy, pemerintah Uni Eropa menetapkan syarat traceabillity atau keterlacakan rantai pasok mulai dari hulu sampai hilir. Begitu pula dengan ketentuan tentang ‘green product’, dimana Uni Eropa akan memperketat persyaratan apabila komoditas-komoditas kategori Forest and Ecosystem Risk Commodities ingin masuk ke pasar Uni Eropa.

Terkait hal ini, Dubes Andri Hadi menerima delegasi Kolombia yang dipimpin oleh Dubes Kolombia di Brussel, Y.M. Felipe Garcia Echeverri dan Presiden Eksekutif Federasi Nasional Petani Sawit Kolombia (FEDEPALMA), Nicolás Pérez Marulanda, untuk bertukar pandangan guna menghadapi kebijakan tersebut.

Baca Juga: Gak Cuma Anies, Ridwan Kamil Perintahkan Jajarannya Tindak Tegas Holywings, Elvis Cafe Tersegel!

Dilansir dari akun Twitter resmi Dubes Indonesia di Brussel, dalam pertemuan tersebut kedua negara menjajaki kepentingan bersama dalam menghadapi EU Green Deal beserta turunannya, yang dapat berdampak negatif pada industri dan petani kelapa sawit kecil di kedua negara.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Aldi Ginastiar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan