Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Memanas, Pemimpin Senior Sekutu al-Qaeda Tewas Dibunuh Militer Amerika

Memanas, Pemimpin Senior Sekutu al-Qaeda Tewas Dibunuh Militer Amerika Kredit Foto: Reuters/Khalil Ashawi
Warta Ekonomi, Washington -

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah melakukan serangan di provinsi Idlib di Suriah, yang menargetkan seorang pemimpin senior kelompok yang bersekutu dengan Al-Qaeda.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengungkap laporan itu, menyebut operasi dilakukan pada Senin (27/6/2022), dengan target Abu Hamzah al Yemeni. Ia adalah pemimpin senior kelompok pemberontak bersenjata, Hurras al-Din (HAD) yang bersekutu dengan Al-Qaeda.

Baca Juga: Militer Amerika Gelar Serangan yang Incar Pemimpin al-Qaeda di Suriah

Al Yaman diserang ketika sedang bepergian sendirian dengan sepeda motor.

Komando Pusat AS menambahkan bahwa tinjauan awal tidak menunjukkan adanya korban sipil.

Militer AS pun mengaku 'sangat yakin' bahwa serangan itu, yang dilakukan dari pesawat tak berawak atau drone, berhasil menewaskan Al Yemeni. Hal ini ikut dikonfirmasi oleh seorang pejabat AS yang mengetahui operasi tersebut, berbicara kepada CNN, dengan syarat anonim.

"Abu Hamzah al Yameni bepergian sendirian dengan sepeda motor pada saat serangan berlangsung. Penargetan pemimpin senior ini akan mengganggu kemampuan Al-Qaeda untuk melakukan serangan terhadap warga AS, mitra kami, dan warga sipil tak berdosa di seluruh dunia," kata CENTCOM, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Times of Israel hingga Al Jazeera.

Pertahanan Sipil Suriah atau White Helmets, sementara itu, mentweet laporan tewasnya seorang pria. Menurut organisasi kemanusiaan itu, seorang pria meninggal lama tak lama sebelum tengah malam setelah sepeda motornya menjadi sasaran oleh dua roket. White Helmets menambahkan bahwa jenazah pria itu telah dipindahkan ke departemen forensik di kota Idlib.

HAD didirikan pada tahun 2018 oleh para pendukung Al-Qaeda.

Serangan pada Senin menjadi operasi AS kedua pada bulan Juni yang menargetkan seorang jihadis senior di Suriah.

Pada 16 Juni lalu, pasukan AS menangkap Hani Ahmed Al-Kurdi, seorang pemimpin kelompok Negara Islam (IS), dalam serangan di provinsi Aleppo.Mereka juga membunuh pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurashi selama operasi di Atme, sebuah wilayah di provinsi Idlib, pada 3 Februari.

Kemudian pada Juni 2020, militer AS membunuh Khaled Aruri dalam serangannya di Idlib. Aruri dikenal sebagai militan Islam Palestina-Yordania dan anggota Al-Qaeda yang menjadi pemimpin HAD.

Serangan drone AS pada Desember 2019 juga telah menewaskan seorang komandan senior HAD, bernama Bilal Khuraisat. Dikenal juga sebagai Abu Khadija al-Urduni, Khuraisat memiliki kewarganegaraan Yordania 

Sementara serangan udara AS terpisah di Suriah pada 2017, telah membunuh komandan kedua Al-Qaeda saat itu, Abu Kheir al-Masri. Operasi diikuti pada tahun 2019, di mana serangan menewaskan pemimpin pertama ISIL (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi dan penggantinya, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi pada bulan Februari 2022. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan