Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendorong Pemanfaatan Subsidi Energi Tepat Sasaran, Ini yang Dilakukan Pertamina

Mendorong Pemanfaatan Subsidi Energi Tepat Sasaran, Ini yang Dilakukan Pertamina Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyebut Pertamina saat ini tengah mengembangkan website MyPertamina sebagai platform digital dalam penyaluran bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalte.

Tindakan tersebut dilakukan dalam upaya mendukung rencana revisi Peraturan Presiden (Perpres) nomor 191 tahun 2014 dan surat keputusan kepala BPH Migas nomor 4 tahun 2020.

"Pertamina saat ini sedang mengembangkan MyPertamina sebagai platform digital atau sisitem IT dalam penyaluran Pertalite dan Solar sesuai Peraturan BPH Migas nomor 6 tahun 2013," ujar Irto dalam konferensi pers virtual, Kamis (30/6/2022).

 Baca Juga: Pertamina Sebut Penyaluran Pertalite Berpotensi Melebihi Kuota

Irto mengatakan, dengan penugasan yang diberikan oleh pemerintah untuk menyalurkan BBM subsidi, maka secara tidak langsung perseroan diwajibkan untuk menyiapkan itu untuk mendata siapa saja yang menerima subsidi BBM.

"Di sini komitmen Pertamina dalam menyalurkan Pertalite dan Solar sesuai dengan regulasi, sesuai dengan kuota yang ditetapkan sehingga subsidi energi tadi yang Rp500 triliun bisa tepat sampai ke sasaranya karena subsisi tepat ini tentunya akan melindungi masyarakat miskin dan rentan yang sebenernya mereka ini berhak menikmati subsidi energi yang diberikan oleh pemerintah," ujarnya.

Irto melanjutkan, ke depan tentunya dengan catatan atau data ini bisa digunakan untuk menetapkan kebijakan subsidi energi bersama pemerintah. Menurutnya, penggunaan platform ini merupakan pencegahan akan potensi terjadinya penyelewengan atau kasus penyalahgunaan BBM subsidi di lapangan.

"Jadi betapa banyak penyelewengan yang terjadi kedua yang kita lakukan adalah pendaftaranya, pendaftaran yang kita lakukan adalah yang di web Pertamina, subsiditepat.mypertamina.id," ungkapnya.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

Video Pilihan