Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Ubah Nama Jalan Jadi Tokoh Betawi, Guntur Romli: Ini Politisasi Isu SARA

Anies Ubah Nama Jalan Jadi Tokoh Betawi, Guntur Romli: Ini Politisasi Isu SARA Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Guntur Romli, menanggapi diubahnya beberapa nama jalan di Jakarta menjadi nama tokoh-tokoh Betawi. Bagi Guntur, hal itu mempertegas bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, adalah bapak politik identitas Indonesia.

"Ini politisasi isu Sara di balik perubahan nama jalan. Harusnya Jakarta mencerminkan kebhinekaan, ini ibu kota negara, jangan diidentikan dengan satu suku saja," kata Guntur dalam kanal YouTube Cokro TV (29/6/2022).

Baca Juga: Siapa yang Menang Bila Anies Lawan Ganjar di 2024? Refly Harun Tidak Tau

Guntur pun mempertanyakan mengapa hanya nama jalan-jalan kecil yang diubah menjadi nama tokoh Betawi. Sebab, warga di sana akan disulitkan dengan pergantian dokumen-dokumen yang diperlukan.

"Kenapa Anies tidak mengubah nama Jakarta Internasional Stadium (JIS)?" tanya Guntur.

Ia pun mencontohkan nama-nama di Jakarta yang mencerminkan keberagamaan. Ada jalan Muhammad Husni (MH) Thamrin, jalan Jenderal Soedirman, jalan Sisingamangaraja, jalan Panglima Polim, dan jalan-jalan lainnya.

"Ini contoh penamaan jalan-jalan yang jangan hanya mengambil dari satu suku saja. Kecuali Anies memang sengaja mau mempolitisasi isu SARA," klaim Guntur.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dibuat Sulit Keluar dari PDIP, Gibran Rakabuming Jadi Sebabnya

Guntur pun menyayangkan langkah Anies yang hanya menjadikan nama-nama tokoh betawi menjadi sekedar nama jalan. Mestinya, bagi dia, ada sebuah bangunan-bangunan megah yang dinamai tokoh Betawi.

"Anies ini tidak mampu membangun suatu hal yang baru, yang bisa diabadikan dengan nama tokoh yang ia kehendaki, tapi ia bisanya cuma ganti nama jalan saja," ungkapnya.

Penulis: Adrial Akbar
Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan