Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng Kaum Muda, Plan Indonesia Dorong Inisiatif Keberlanjutan Lingkungan di Klender dan Krendang

Gandeng Kaum Muda, Plan Indonesia Dorong Inisiatif Keberlanjutan Lingkungan di Klender dan Krendang Kredit Foto: Plan Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Plan Indonesia, melalui program Urban Nexus, menggandeng anak muda di kawasan Kelurahan Klender, Jakarta Timur, dan Kelurahan Krendang, Jakarta Barat untuk menghadirkan beragam inisiatif yang bertujuan untuk mendorong keberlanjutan lingkungan.

"Kaum muda dari kedua kelurahan ini membutuhkan dukungan yang konsisten dan berkelanjutan, agar mereka dapat memimpin kesiapsiagaan dan menghadapi berbagai risiko bencana di wilayahnya," ujar Ida Ngurah, Humanitarian & Resilience Program Manager Plan Indonesia, dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (1/7/2022).

Inisiatif yang dilakukan di antaranya pembangunan bank sampah (KATARSIS) serta pengembangan alat peringatan dini banjir SIBAJA (Siaga Bencana Jakarta). SIBAJA dikembangkan bersama mitra Yayasan Kausa Resiliensi yang kemudian diujicobakan di beberapa sekolah Jakarta, termasuk di wilayah Krendang dan Klender.

Baca Juga: Dukung Ekonomi Kaum Muda NTT, Standard Chartered dan Plan Indonesia Luncurkan Program Futuremakers

Selain itu, Plan Indonesia bekerja sama dengan kelompok muda, karang taruna, pemerintah kelurahan, kota, dan provinsi, serta organisasi orang muda di Jakarta maupun di tingkat nasional. Misalnya, kerja sama dengan BRIN, BMKG, UNICEF, UNOCHA, dan komunitas kaum muda, Teens Go Green Indonesia.

Kerja sama ini dilakukan di bidang isu perlindungan, perubahan iklim, dan kekerasan berbasis gender (KBG). Pada 2022, Plan Indonesia telah menjangkau lebih dari 6.000 partisipan di berbagai wilayah Jakarta. Kerja sama ini bertujuan mendorong kaum muda untuk berperan dalam pembangunan kota, termasuk agar mereka bisa terlibat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kelurahan dan pembuatan mekanisme umpan balik kegiatan yang ramah anak dan kaum muda.

Selain itu, beberapa capaian Urban Nexus meliputi pemberian voucher cash assistance kepada 1.150 keluarga sebagai respons pandemi COVID-19. Tim Urban Nexus juga melibatkan 245 orang muda dalam penelitian kesiapsiagaan bencana, hingga peningkatan kapasitas kaum muda Klender sebagai pendidik sebaya di isu STBM-GESI (Sanitasi Total Berbasis Gender dan Inklusi Sosial).

Untuk memperluas upaya advokasi dan edukasi, tim Urban Nexus Plan Indonesia  dan mitra menyusun berbagai produk komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE). Misalnya, 12 volume komik edukasi krisis iklim dan buku cerita dengan ISBN yang bisa diakses masyarakat seusai program. Kemudian, tim Urban Nexus mendukung terlaksananya rangkaian Girls Leadership Programme on Climate Change 2022 yang diikuti oleh anak perempuan dari 23 kota di Indonesia.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

Video Pilihan