Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hingga 30 Juni 2022, Capaian Vaksinasi Booster di Sumut Masih 24,77%

Hingga 30 Juni 2022, Capaian Vaksinasi Booster di Sumut Masih 24,77% Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) Teguh Supriyadi mengatakan, hingga 30 Juni 2022 capaian vaksinasi booster di Sumut masih 24,77%. Padahal, untuk memberikan perlindungan terbaik, capaiannya harus sejajar dengan vaksinasi dosis satu dan dua, atau paling tidak 90%.

"Booster ini tujuannya untuk memperkuat imunitas, terutama dalam menyikapi munculnya strain [varian] baru. Jadi seharusnya capaian booster harus sama dengan dosis sebelumnya," kata Teguh, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Cegah Kenaikan Covid di Musim Liburan, Masyarakat Diimbau Ambil Booster

Rendahnya capaian booster berkaitan erat dengan sasaran karena petugas, stok vaksin, dan pelayanan sudah siap. Untuk itu, pola pandang masyarakat terhadap kebutuhan vaksin perlu ditingkatkan. 

"Selama ini dosis booster itu terkesan hanya digunakan sebagai syarat penerbangan [perjalanan]. Padahal tujuannya adalah perlindungan bagi traveler atau yang berpergian. Jadi, ketika sekarang booster tidak lagi dituntut sebagai syarat, ini nampaknya menjadi kendur," ujarnya.

Baca Juga: Meski Ada Modal Imunitas Lawan Covid-19, Epidemiolog Tetap Tekankan Kejar Booster

Oleh karena itu, Teguh berharap, dibutuhkan edukasi kembali ke masyarakat akan pentingnya vaksinasi booster. Selain itu, perlu dilakukan inovasi dalam pemberian vaksinasi booster, misalnya dibarengi dengan pemberian vaksin dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

"Ini penting, apalagi perkembangan varian Covid-19 tidak bisa kita duga," pungkasnya.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan