Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadi Jembatan Komunikasi Putin dan Zelensky, Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia dan Ukraina Membuahkan Hasil

Jadi Jembatan Komunikasi Putin dan Zelensky, Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia dan Ukraina Membuahkan Hasil Kredit Foto: Antara/BPMI-Laily Rachev
Warta Ekonomi, Jakarta -

Misi perdamaian dan kemanusiaan yang dibawa Presiden Jokowi (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia membuahkan hasil. Setelah melalui diskusi yang cukup panjang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Jokowi mendapat kepastian bahwa pasokan produk pangan dan pupuk akan terjamin ke depan.

Hal itu dikatakan Presiden Jokowi setelah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia pada Kamis (30/6/2022). Kunjungan Jokowi ke Moskow ini dilakukan usai bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Kyiv, Ukraina, dan pertemuan G7 di Jerman. 

“Saya mendukung upaya PBB reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia dan komoditas pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia. Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama di Istana Kremlin.

"Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik,” lanjut Jokowi.

Menurut Jokowi, terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk bisa berdampak kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang.

Kepala negara memastikan dirinya bersama bangsa Indonesia akan menjadi jembatan penghubung antara Rusia dan Ukraina untuk mencapai perdamaian. Untuk itu, dirinya melakukan kunjungan bertemu dengan dua kepala negara tersebut.

“Saya telah bertemu dan berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis sore di Istana Kremlin. Saya telah menyampaikan pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan menyatakan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut,” tulis Jokowi di akun @jokowi yang dikutip pada, Jumat (1/7).

Halaman:

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan