Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waspada Serangan Siber! Kaspersky: 1 dari 5 Karyawan Masih Klik Email Phising

Waspada Serangan Siber! Kaspersky: 1 dari 5 Karyawan Masih Klik Email Phising Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Data simulasi phishing dari Kaspersky Security Awareness Platform menunjukkan bahwa karyawan cenderung tidak menyadari bahaya laten dari email dengan subyek terkait masalah perusahaan dan pemberitahuan masalah pengiriman email. 1 dari 5 karyawan (16-18%) masih mengklik template email yang meniru serangan phishing.

Melansir dari siaran resminya, Senin (4/7/2022), berdasarkan perkiraan, dari seluruh serangan siber yang ada, 91% dimulai dengan email phishing, dan dari seluruh kebocoran data 32% disebabkan oleh penggunaan teknik phishing yang tepat.

Terintegrasi dalam Kaspersky Security Awareness Platform, tool ini membantu perusahaan mengecek apakah karyawan mereka bisa membedakan email asli dengan email phishing tanpa membahayakan data perusahaan. Administrator perusahaan memilih dari daftar template yang ada, meniru skenario umum phishing, atau membuat template baru, lalu mengirim email itu ke sekelompok karyawan tanpa peringatan simulasi lalu melihat hasilnya.

Baca Juga: Bahaya Ancaman Siber Phising, Berikut Tips Jaga Keamanan Siber dari Kaspersky

Sejumlah besar karyawan ternyata mengklik email phishing dan ini menjadi indikasi bahwa perusahaan memerlukan pelatihan keamanan siber tambahan untuk karyawan. Berdasarkan kegiatan simulasi phishing di atas, lima jenis email phishing paling efektif adalah:

  • Subject: Failed delivery attempt - Unfortunately, our courier was unable to deliver your item. Sender: Mail delivery service. Jumlah klik (membuka email): 18.5%
  • Subject: Emails not delivered due to overloaded mail servers. Sender: The Google support team. Jumlah klik: 18%
  • Subject: Online employee survey: What would you improve about working at the company. Sender: HR Department. Jumlah klik: 18%
  • Subject: Reminder: New company-wide dress code. Sender: Human Resources. Jumlah klik: 17.5%
  • Subject: Attention all employees: new building evacuation plan. Sender: Safety Department. Jumlah klik: 16%

Email phishing lain yang banyak diklik karyawan adalah konfirmasi pemesanan layanan (11%), pemberitahuan tentang masuknya pesanan (11%), dan pengumuman kontes IKEA (10%).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: